Beranda Berita Nasional Dua Lahan Kosong di Tasikmalaya Terbakar, Nyaris Merembet ke Pemukiman

Dua Lahan Kosong di Tasikmalaya Terbakar, Nyaris Merembet ke Pemukiman

Dua-Lahan-Kosong-di-Tasikmalaya-Terbakar-Nyaris-Merembet-ke-Pemukiman.jpg

harapanrakyat.com,- Dua lahan kosong di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, hari Minggu (10/9/2023) kemarin terbakar hingga nyaris merembet ke pemukiman warga.

Kebakaran lahan ini terjadi di kawasan Cirapih, belakang terminal Bus Indihiang, kobaran api membakar lahan yang ditumbuhi ilalang dan pepohonan kecil.

Sedangkan di Kampung Tundagan, Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, api membakar lahan gambut tak jauh dari pemukiman warga. Beruntung api bisa dipadamkan petugas Damkar, sebelum merambat ke perumahan warga. Kebakaran ini terjadi akibat pembakaran sampah plastik tanpa pengawasan.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Aan warga setempat mengatakan, kalau dirinya kaget pasca membakar sampah di lahan tersebut tiba – tiba ilalang ikut terbakar.

“Saya lagi ngebakar sampah plastik, padahal jauh ke ilalang. Terus pulang mau mandi, eh tiba tiba api jadi besar membakar ilalang, sangat kaget sekali,” katanya di lokasi Minggu (10/9/2023).

Baca juga: Warung Soto Nonoy di Tasikmalaya Ludes Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 100 Jutaan

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series di Sirkuit Gery Mang

Sementara itu, Budi Permana, Danru 3 Damkar Kota Tasikmalaya mengaku menerima laporan kebakaran lahan pukul 15.34 WIB. Pihaknya menerjunkan dua mobil pemadam kebakaran dengan 7 orang personil.

Api akhirnya bisa dijinakan sehingga tidak merembet ke pemukiman warga. Dalam proses pemadaman tidak ada kendala, karena memang titik api dekat dengan jalan raya.

“Yang terbakar ilalang di lahan seluas 2 hektar. Tetapi ilalang yang terbakar hanya separuhnya. Penyebab kebakaran diduga dari salah seorang warga yang membakar sampah plastik,” katanya.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat, untuk tidak membakar sampah sembarangan saat musim kemarau ini.

“Tolong di musim kemarau ini jangan membakar sampah sembarangan, apalagi berdekatan dengan ilalang kering. Karena ketika ada angin besar api dengan cepat merembet dan membahayakan pemukiman warga,” pungkasnya. (Apip/R8/HR Online/Editor Jujang)