Beranda Berita Nasional Resmikan Pusat Budaya di Karangkamulyan, Ini Harapan Bupati Ciamis

Resmikan Pusat Budaya di Karangkamulyan, Ini Harapan Bupati Ciamis

Resmikan-Pusat-Budaya-di-Karangkamulyan-Ini-Harapan-Bupati-Ciamis.jpg

harapanrakyat.com,- Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya berharap, dengan adanya Pusat Budaya di Karangkamulyan, bisa menjadi titik utama tujuan wisata. Selain itu juga, dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar untuk pertumbuhan ekonomi.

Hal tersebut Herdiat ungkapkan setelah menghadiri kegiatan peresmian Pusat Budaya. Kemudian, peringatan Gong Perdamaian ke 14, launching logo Priatim Geulis dan Kirab Merah Putih, di Situs Ciungwanara Karangkamulyan, Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (9/9/2023).

“Harapan kami tentunya ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Terutama untuk kunjungan wisata, menjadi titik utama tujuan utama wisata,” harapnya.

Menurut Herdiat, masyarakat harus bangga karena mempunyai budaya dari nenek moyang yang sangat luar biasa.

“Dan pada hari ini, dalam peresmian Pusat Budaya di situs Karangkamulyan bisa menyaksikan berbagai budaya beberapa wilayah di Indonesia,” katanya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pada kesempatan itu juga, Herdiat mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat, khususnya Gubernur Jawa Barat yakni Ridwan Kamil.

Sebab, Herdiat mengungkapkan, bahwa Ridwan Kamil selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, sangat fokus perhatiannya kepada Ciamis.

Hal itu terbukti bahwa selama bertugas dalam membantu Ciamis, nilainya sangat fantastis sampai Rp 2 triliun. 

Baca Juga: Pramuka Bukan Hanya untuk Anak Sekolah, Kwarcab Ciamis Gelar Gerak Napak Pancer Lintas Kota

Hal itu dari berbagai kegiatan baik pembangunan fisik maupun pembangunan non fisik.

“Untuk fisik sendiri hampir 95 persen jalan di Kabupaten Ciamis, termasuk ke desa sudah di hot mix, itu adalah bantuan dari Jawa Barat,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Lanjut Herdiat menuturkan, Ridwan Kamil sempat meneleponnya satu minggu yang lalu. Intinya, Kang Emil meminta maaf karena tidak bisa hadir dalam peresmian Pusat Budaya Karangkamulyan di Kabupaten Ciamis ini.

“Sebetulnya kami sudah diagendakan untuk hadir meresmikan pemakaian Pusat Budaya ini. Namun karena ada berbagai hal dan masa jabatannya berakhir, Kang Emil titip salam buat masyarakat Ciamis,” tuturnya.

Fasilitas dan Fungsi Pusat Budaya di Karangkamulyan Ciamis

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis, Erwan Darmawan menyebut, bahwa Pusat Budaya itu di dalamnya ada pendopo, amphitheater, tempat kesenian dan lainnya.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series di Sirkuit Gery Mang

Ia menjelaskan, fungsi yang utama sebagai tempat budaya, dari mulai pagelaran kemudian tempat berkumpulnya budayawan.

Baca Juga: Buka Musda ke-7 PPNI Ciamis, Ini Pesan Bupati Herdiat untuk Ketua Terpilih

“Selain itu juga tempat pertunjukannya budayawan dan kesenian,” jelasnya.

Erwan berharap kepada para budayawan, untuk mengadakan event atau latihan di Pusat Budaya Karangkamulyan. Jadi, harapnya, jangan sampai ketika sudah dibangun tidak dimanfaatkan dengan baik.

“Mengundang semua budayawan, ayo kita berkumpul di sini. Mau itu membicarakan tentang budaya atau lainnya. Ini terbuka untuk umum, saat ini belum kita tetapkan tiket,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online/Editor: Adi Karyanto)