Beranda Berita Nasional Kemarau Panjang, Kawasan Gunung Guntur Garut Terbakar

Kemarau Panjang, Kawasan Gunung Guntur Garut Terbakar

Kebakaran-di-Gunung-Guntur-Garut.jpg

harapanrakyat.com,- Dampak kemarau panjang, sebagian kawasan Gunung Guntur, yang berada di Garut, Jawa Barat, dikabarkan mengalami kebakaran hebat, Kamis (7/9/2023). Petugas gabungan masih berupaya memadamkan api, serta menyekat jalur api agar tidak merembet ke wilayah lain.

Pepohonan ilalang yang kering, serta tiupan angin yang kencang membuat api cepat merembet ke blok lain.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Dilaporkan api berasal dari Blok Jambu, dan merembet ke Blok Cilopang. Petugas gabungan TNI-Polri berupaya memadamkan api, tetapi hanya menggunakan alat manual. Lantaran mobil pemadam kebakaran tak bisa masuk ke wilayah terdampak, karena faktor jalan yang curam.

“Asap awalnya agak jauh, api kemudian membesar sampai sekarang. Sekarang fokus mengamankan api jika mendekat ke wilayah penduduk,” kata Anas, relawan Tegal Malaka, Kamis (7/9/2023).

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Baca Juga: Kasus 52 AJB Bodong di Garut, Polisi Sebut Sudah Ada Satu Korban Mengadu

Upaya pemadaman api di kawasan Gunung Guntur Garut kini tengah dimaksimalkan oleh seluruh pihak, termasuk warga dan relawan. Dinas Pemadam Kebakaran masih bersiaga dan masih melakukan pemadaman.

“Masih dilakukan pemahaman, luas lahan hitungan sementara 3 hektar,” kata Eded Komara, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Garut. (Pikpik/R7/HR-Online/Editor-Ndu)