Beranda Berita Nasional Penemuan Bayi dalam Kardus Mie Instan Gegerkan Warga Banjaranyar Ciamis

Penemuan Bayi dalam Kardus Mie Instan Gegerkan Warga Banjaranyar Ciamis

Penemuan-Bayi.jpg

harapanrakyat.com,- Penemuan bayi dalam kardus gegerkan warga Desa Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Bayi berjenis kelamin laki laki ditemukan dalam kardus pada Selasa (5/9/2023) malam, sekitar pukul 22.30 WIB.

Warga pun lantas memberitahu bidan desa setempat untuk melakukan pertolongan terhadap bayi malang tersebut.

Kapolsek Banjarsari AKP. Dian Rosdiana mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan penyelidikan terkait adanya temuan bayi di dalam kardus.

“Dari laporan yang kami terima dari warga, bayi ini ditemukan tadi malam sekitar pukul 22:30 WIB di Desa Kalijaya. Yang mana saat ditemukan bayi ini tersimpan dalam kardus mie instan di pinggir jalan,” katanya, Rabu (6/9/2023).

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Polisi Lakukan Pengembangan Penemuan Bayi dalam Kardus di Banjaranyar Ciamis

Lanjutnya menjelaskan, bayi tersebut diperkirakan usianya baru tiga hari, kondisinya sehat dengan tali ari-ari masih menempel.

Baca Juga: Kecewa Belasan Tahun Jalan Perbatasan Antar Kecamatan di Ciamis Rusak Parah, Warga Perbaiki Secara Swadaya

Sehingga saat itu warga langsung minta bantuan bidan, dan selanjutnya bayi malang ini dibawa ke Puskesmas Cigayam untuk mendapatkan perawatan medis.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Kapolsek Banjarsari mengatakan, pihaknya akan melakukan pengembangan serta menggali data untuk mencari siapa pembuang bayi malang tersebut.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Cigayam Ari Angga Rianto menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan perawatan bayi malang tersebut.

“Sejak pukul 23:57 WIB bayi yang ditemukan oleh warga ini sudah kami tangani. Saat ini kondisi bayi alhamdulillah dalam kondisi sehat,” terang Ari.

Menurut Ari, saat tiba di Puskesmas Cigayam, keadaan umum bayi dalam kondisi baik, menangis kuat, gerak aktif, dan kulit kemerahan.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Pada bagian bokong bayi juga terdapat bekas kotoran yang mengering. Penemuan bayi dalam kardus dengan jenis kelamin laki-laki ini memiliki berat badan 2700 gram, panjang badan 48 cm, serta lingkar kepala 32 cm,” terangnya.

Ari menambahkan, saat tiba di PKM Cigayam, kondisi bayi juga terdapat pernafasan cuping hidung. Tali pusar sudah terpotong namun belum diikat. Perkiraan panjang tali pusar kurang lebih sekitar 15 cm. (Suherman/R3/HR-Online/Editor: Eva)