Beranda Tak Berkategori Praktisi Industri Migas Kunjungi Pusat Bahan Berenergi Tinggi Dahana

Praktisi Industri Migas Kunjungi Pusat Bahan Berenergi Tinggi Dahana

Praktisi Industri Migas Kunjungi Pusat Bahan Berenergi Tinggi Dahana

suarasubang.com – Para praktisi industri migas nasional kembali mengunjungi PT DAHANA dalam rangka memperluas wawasan dan pengetahuan terkait bahan peledak Migas. Tim yang dipimpin oleh Abdul Rozak tersebut diterima oleh Pjs VP Energetic Material Center Dadan Munawar di Kampus DAHANA, Subang pada Kamis, 24 Agustus 2023.

Dadan menyampaikan dalam sambutannya bahwa DAHANA merupakan pusat bahan berenergi tinggi di Indonesia dengan fasilitas terlengkap di kawasan Asia Tenggara. Oleh sebab itu, DAHANA mampu memiliki berbagai produk dan layanan unggulan terkait bahan peledak termasuk produk dan jasa di sektor Minyak dan Gas.

“Mewakili manajemen, kami mengucapkan selamat datang kepada seluruh praktisi Migas yang hari ini berkunjung ke Kampus DAHANA. Kata Kampus memang bukan universitas, ia merupakan akronim dari Kantor Manajemen Pusat, namun secara filosofis sama, para praktisi, akademisi, mahasiswa, dan para ahli sering mengunjungi DAHANA untuk belajar mengenai bahan peledak layaknya sebuah kampus,” ujar Dadan Munawar.

BACA JUGA:  H. Tatang Supriyatna Resmi Menjabat Sekretaris DPRD Subang

Dadan juga menjelaskan tentang sejarah DAHANA yang mulanya dibangun di Tasikmalaya dan karena keterbatasan lahan serta rencana ekspansi bisnis, maka DAHANA berpindah ke Subang dengan menempati lahan seluas hampir 600 hektar.

Di sektor Migas DAHANA memiliki layanan Total Explosive Solution yang terdiri dari penyediaan bahan peledak, transportasi bahan peledak, perizinan, pergudangan, hingga pemusnahan bahan peledak. Selain itu, personil DAHANA di sektor Migas juga tersertifikasi dan berpengalaman.

BACA JUGA:  H. Tatang Supriyatna Resmi Menjabat Sekretaris DPRD Subang

Bahan peledak yang menjadi langganan di Migas adalah Dayagel Seismic, bahan peledak yang memiliki performa unggul, ketahanan terhadap medan berair, hingga waktu tunda yang lama. Keunggulan dari bahan peledak ini adalah nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang mencapai 68.15%.

Praktisi Industri Migas Kunjungi Pusat Bahan Berenergi Tinggi Dahana

Sementara itu, Rozak menyampaikan rasa terima kasihnya kepada DAHANA yang telah memfasilitasi peserta KPDM untuk mempelajari proses penanganan bahan peledak. Ia juga berharap kunjungan ini dapat memberikan banyak pengetahuan dan pengalaman penanganan bahan peledak kepada peserta.

BACA JUGA:  H. Tatang Supriyatna Resmi Menjabat Sekretaris DPRD Subang

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada PT DAHANA, kita sudah bisa dibilang dekat dengan DAHANA. Peserta kali ini kebanyakan baru Pak, Mudah-mudahan lancar semua, sekali lagi terima kasih kepada DAHANA yang tak bosan-bosan didatangi kami,” pungkas Rozak.

Usai mendengarkan paparan materi Pengenalan dan Penanganan Bahan Peledak dari Shahibudin Ma’ruf – Manajer Perancangan dan Teknologi Alat dan Fasilitas DAHANA, peserta Praktek Kerja Lapangan KPDM kemudian berkesempatan mengunjungi kawasan Energetic Material Center DAHANA untuk melihat langsung proses produksi bahan peledak serta fasilitas uji mutu yang dimiliki oleh DAHANA.