Beranda Berita Nasional Pesona Gua Jegles Kediri, Dulu Angker Kini Eksotis Bak Green Canyon

Pesona Gua Jegles Kediri, Dulu Angker Kini Eksotis Bak Green Canyon

Goa-Jegles-Kediri.jpg

Gua Jegles Kediri, pesona alam yang tak hanya memikat mata, tetapi juga merangkul jiwa para pelancong dengan sensasi yang memukau. Lokasi berada di Dusun Jegle, Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Saat para wisatawan memasuki lorong-lorong tersembunyi yang menghiasi bukit bebatuan, panorama yang menawan membentang di hadapan mereka. Seperti menerawang ‘Green Canyon’ khas Amerika Serikat, goresan alam bebatuan menjulang tinggi menciptakan pemandangan yang eksotis.

Tidak hanya tentang keindahan, Gua Jegles memiliki sejarah mistis yang tersembunyi di baliknya. Cerita rakyat yang berkembang dari masa lalu pernah membuat tempat ini terbengkalai selama lebih dari 20 tahun. 

Cerita Gua Jegles Kediri

Menjelajahi Gua Jegles bukanlah sekadar perjalanan biasa. Setiap pengunjung bisa merasakan kehidupan bawah tanah sambil menikmati cahaya matahari yang memancar lewat celah-celah bukit batu di sekitar gua.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Di balik keindahannya, Gua Jegles juga menyimpan aura magis yang memikat hati. Menurut kisah dari masa lampau, tempat ini pernah digunakan sebagai tempat penguburan jenazah. 

Seiring dengan cerita ini menyebar, masyarakat setempat punya pandangan hati-hati terhadap gua ini, bahkan beberapa orang menganggapnya sebagai tempat keramat.

Baca Juga: Hutan Angker di Jawa Timur, Dipercaya Tempat Jin hingga Bikin Linglung

Akses Menuju Lokasi

Akses menuju Gua Jegles Kediri  tidaklah sulit, berlokasi tidak jauh dari jalan raya. Desa Keling dapat dicapai melalui Jalan Pare-Kandangan sebelum Jalur Kediri-Malang lewat Jalan Raya Kasembon. 

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Perjalanan menuju Gua Jegles hanya memakan waktu sekitar 1 kilometer dari jalan utama.

Jika berkunjung ke Gua Jegles, Anda pasti akan melihat coretan-coretan nama dan gambar yang terukir di dinding bagian atas gua. Coretan-coretan ini merupakan bukti bahwa sejak tahun 1980-an, anak-anak setempat telah menggunakan gua ini sebagai tempat bermain.

Gua Jegles Kediri pada dasarnya adalah celah di permukaan bumi, di mana struktur batuan alami terbentuk akibat perubahan iklim dan fenomena geografi. Selama musim hujan, lumut dan tanaman menambah keeksotisan pada bebatuan, menciptakan suasana yang lebih menawan.

Transformasi dari Tempat Sampah Jadi Objek Wisata

Kini, usaha perbaikan dan pengembangan telah mengubahnya menjadi destinasi yang menarik.

Walau awalnya hanya merupakan retakan di permukaan tanah, Gua Jegles telah bertransformasi menjadi daya tarik wisata yang mengagumkan. 

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Dari upaya pembersihan sampah hingga transformasi menjadi destinasi wisata, Gua Jegles telah meraih penghargaan sebagai nominator Anugerah Desa Kabupaten Kediri pada tahun 2019.

Tidak hanya Gua Jegles, tetapi juga kawasan sekitarnya memiliki potensi wisata yang menarik. Berbagai gua seperti Gua Sumber, Gua Lowo, dan Gua Arung, di samping Gua Jegles, menambah kekayaan potensi wisata di daerah ini. 

Meski fasilitas pendukung wisata belum sepenuhnya tersedia, akses untuk melihat keadaan gua tetap terbuka bagi pengunjung. Dengan panorama yang memukau dan daya tarik yang unik, Gua Jegles merupakan destinasi yang menarik saat berada di Kediri. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)