Beranda Berita Nasional Hingga Agustus 2023, Distan Ciamis Catat 315 Hektar Sawah Terdampak Kekeringan

Hingga Agustus 2023, Distan Ciamis Catat 315 Hektar Sawah Terdampak Kekeringan

Hingga-Agustus-2023-Distan-Ciamis-Catat-315-Hektar-Sawah-Terdampak-Kekeringan.jpeg

harapanrakyat.com,- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat mencatat sebanyak  315 hektar sawah, terdampak perubahan iklim (kekeringan) hingga tanggal 31 Agustus 2023

“Sawah yang kekeringan tersebut terbagi menjadi 4 kriteria,” ungkap Slamet Budi Wibowo Kepala Dinas Pertanian Ciamis, Selasa (5/9/2023).

4 kriteria tersebut di antaranya kekeringan kategori ringan, sedang, berat dan puso. Untuk daerah terdampak kekeringan tersebut terbagi di beberapa wilayah kabupaten Ciamis.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Rinciangannya itu yang ringan 18 hektar, sedang 103 hektar, berat 86 hektar dan puso 108 hektar,” katanya.

“Sementara untuk kriteria puso tersebar di 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Banjarsari seluas 55 hektar, Kecamatan Pamarican seluas 52 hektar, dan Kecamatan Cimaragas seluas 1 hektar,” ucapnya lagi.

Baca juga: Hadiri Acara Ngaji Tani, Kadistan Ciamis Ajak Petani Gunakan Pupuk Organik

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Lanjutnya, dalam upaya menangani kekeringan, Pemkab melalui Distan Ciamis dibantu oleh aparat pemerintah setempat, melaksanakan pompanisasi di berbagai wilayah yang masih memiliki potensi air sungai atau sumur bor. Kemudian dilakukan gilir giring air untuk mengefisienkan penggunaan air, termasuk pembersihan saluran sebagai upaya normalisasi.

“Kemudian, kami Distan Ciamis juga mengimbau kepada petani agar mengganti komoditas tanaman (dari padi ke tanaman palawija). Ini agar petani tetap produktif meski terdampak kekeringan,” jelas Slamet. (Fahmi/R8/HR Online/Editor Jujang)