Beranda Berita Nasional Sudirman Said Tegaskan Anies Baswedan Bukan Pengkhianat

Sudirman Said Tegaskan Anies Baswedan Bukan Pengkhianat

Sudirman-Said-Tegaskan-Anies-Baswedan-Bukan-Pengkhianat.jpg

harapanrakyat.com,- Sudirman Said, anggota Tim 8, memberikan tanggapannya terkait tudingan Demokrat yang menyebut Anies Baswedan sebagai pengkhianat setelah memilih Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

Sudirman Said menegaskan jika Anies telah melaksanakan piagam kesepakatan KPP (Koalisi Perubahan untuk Persatuan) dengan baik.

“Tentu saya nggak bisa mewakili Demokrat karena yang memberikan stempel (Anies pengkhianat) kan mereka ya. Tapi saya ingin mengatakan Mas Anies sudah mengacu pada piagam kesepakatan,” kata Sudirman Said dalam pernyataannya pada Jumat (1/9/2023).

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Baca juga: SBY Tinggalkan Koalisi Anies, Buka Peluang Baru dalam Politik

Sudirman menjelaskan bahwa piagam KPP telah memandatkan Anies Baswedan untuk mencari calon Wakil Presiden. Anies sudah berkomunikasi dengan para ketua umum partai politik terkait pencarian cawapresnya.

Selain itu, Sudirman juga menyebut bahwa Anies telah menepati janji untuk mengajak Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres di 2024.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series di Sirkuit Gery Mang

“Kemudian, janjinya Pak Anies untuk mengajak Pak AHY sudah ditunaikan, bahkan dengan cara memberikan memo, disebutnya personal notes. Itu pribadilah, pribadi sekali,” tambahnya.

Sudirman menegaskan bahwa AHY juga telah memberikan tanggapan positif terhadap tawaran tersebut, dan keduanya sepakat untuk menyimpan dokumen tersebut sebagai materi pribadi untuk dokumentasi di masa yang akan datang.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

Partai Demokrat sebelumnya telah menyatakan kekecewaannya karena Anies Baswedan menyetujui kerja sama antara PKB dan NasDem, menganggapnya sebagai pengkhianatan terhadap semangat perubahan dan piagam koalisi yang telah disepakati bersama.

Namun, tanggapan dari Sudirman Said memberikan klarifikasi bahwa Anies bukan pengkhianat karena telah mematuhi piagam KPP dengan sungguh-sungguh. (R8/HR Online/Editor Jujang)