Beranda Berita Nasional Pipin Arif Apilin Dilantik Jadi Wakil Ketua DPRD Ciamis Gantikan Heri Rafni

Pipin Arif Apilin Dilantik Jadi Wakil Ketua DPRD Ciamis Gantikan Heri Rafni

Pipin-Arif-Apilin-Dilantik-Jadi-Wakil-Ketua-DPRD-Ciamis-Gantikan-Heri-Rafni.jpeg

harapanrakyat.com,- DPRD Ciamis, Jawa Barat, melaksanakan rapat paripurna istimewa pengucapan sumpah/janji pimpinan (Wakil Ketua) DPRD Ciamis dan pengganti antar waktu (PAW) anggota DPRD Ciamis, masa jabatan 2019-2024, Kamis (31/8/2023) di Gedung DPRD.

Kegiatan paripurna itu dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Ciamis H Nanang Permana MH.

Para anggota DPRD, Pimpinan SKPD dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga turut menyaksikan berlangsungnya acara pelantikan.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Ciamis H Nanang Permana MH menuturkan, sebagaimana diketahui Heri Rafni Kotari telah diberhentikan sebagai kader Partai Gerindra, sesuai SK dari DPP Partai Gerindra nomor 05-0140/Kpts/DPP-Gerindra/2023. Hal itu membuat Heri Rafni harus berhenti sebagai anggota DPRD, termasuk dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPRD Ciamis.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Pada tanggal 19 Juni 2023, DPRD Ciamis mengusulkan pemberhentian Heri Rafni Kotari sesuai hasil rapat paripurna, yang kemudian ditetapkan dengan keputusan DPRD Ciamis nomor 188.4/Kep.9/DPRD/2023,” ungkap H Nanang Permana.

Kemudian selanjutnya, berdasarkan surat dari DPC Partai Gerindra Ciamis nomor JB22.08.01/B/DPC-Gerindra/2023 tanggal 2 Agustus 2023 dan surat keputusan dari DPP Partai Gerindra nomor 09-0121/Kpts/DPP-Gerindra/2023, telah diumumkan usul calon pengganti pimpinan DPRD Kabupaten Ciamis sisa jabatan 2019-2024 atas nama Pipin Arif Apilin. Selanjutnya ditetapkan sebagai keputusan DPRD Ciamis nomor 188.4/Kep.14/DPRD/2023.

Peresmian pemberhentian dan peresmian pergantian pimpinan DPRD itu, kemudian diusulkan kepada Gubernur Jawa Barat melalui Bupati Ciamis, sebagaimana tahapan dan mekanisme berdasarkan ketentuan Undang-undang yang berlaku.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah tanggal 30 Agustus kemarin, hari ini dilaksanakan rapat paripurna istimewa DPRD Ciamis, dalam rangka pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRD dan PAW anggota DPRD Ciamis masa jabatan 2019-2024,” jelas Nanang.

Baca juga: DPRD Ciamis Terima Draf Penyusunan Anggaran untuk Pilkada Ciamis dari KPU

Harapan kepada Wakil Ketua DPRD Ciamis Baru

Pihaknya mengucapkan selamat kepada Pipin Arif Apilin yang hari ini, secara konstitusional resmi menjabat Wakil Ketua DPRD Ciamis.

“Mudah-mudahan dengan adanya pimpinan DPRD yang baru, bisa meresonansi teman teman DPRD Ciamis yang lain dengan semangat baru. Sehingga DPRD Ciamis bisa melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Yakni melaksanakan pengawasan yang lebih detail dan komprehensif, kemudian bisa melaksanakan penganggaran yang lebih teliti dan fungsi pembuatan peraturan daerah bisa sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

H Nanang Permana juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Heri Rafni Kotari, atas dedikasi, pengabdian dan curahan pemikiran selama menjabat Wakil Ketua DPRD Ciamis.

Pada kesempatan yang sama, dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Ciamis, atas nama Lili Somantri menggantikan Heri Rafni Kotari dari dapil 1. (R8/HR Online/Editor Jujang)