Beranda Berita Nasional BPBD Ciamis Sebut Ada Desa yang Ajukan Permohonan Suplai Air Bersih

BPBD Ciamis Sebut Ada Desa yang Ajukan Permohonan Suplai Air Bersih

BPBD-Ciamis-Sebut-Ada-Desa-yang-Ajukan-Permohonan-Suplai-Air-Bersih.jpg

harapanrakyat.com,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyebut bahwa saat ini sudah ada tiga desa dari tiga kecamatan di Ciamis, yang mengajukan permohonan suplai air bersih.

Kepala BPBD Ciamis, Dadang Darmawan mengatakan, 3 desa tersebut adalah kalau yang laporan itu ada tiga desa dari tiga kecamatan yakni Cidolog, Cihaurbeuti dan Kecamatan Cijeungjing.

“Alhamdulilah kita juga bisa menangani permohonan dari masyarakat tersebut. Mudah-mudahan air di Sungai Citanduy juga bisa untuk daerah yang kekeringan. Namun kita juga harus bisa mencari sumber mata air yang lainnya,” katanya, Rabu (30/8/2023).

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Menurutnya, kalau mencari sumber mata air yang lain itu, harus diperiksa terlebih dahulu airnya. Nantinya, BPBD bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk memeriksa air tersebut, apakah layak atau tidak.

“Jadi kalau air banyak tapi tidak layak ya jangan dikasihkan kepada masyarakat. Karena kalau tidak layak untuk konsumsi, dampaknya bukan hari ini, tapi kedepan akan menjadi sumber penyakit,” ujarnya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca Juga: Antisipasi Kemarau Panjang, Bupati Ciamis Imbau Masyarakat Hemat Air

Dadang juga mengimbau kepada masyarakat agar berhemat air, dengan memprioritaskan untuk masak atau minum. Sedangkan untuk mandi bisa mencari alternatif lain, misalnya ke sungai dan lain-lain.

“Kebetulan di BPBD mitigasinya itu jauh hari, kami mencari sumber mata air lain selain sungai,” ucapnya.

Dadang mengungkapkan, BPBD Ciamis sendiri dalam suplai air bersih sudah sekitar 35 tangki ke beberapa wilayah. Pihaknya juga terbantu dengan adanya tangki air dari PMI Ciamis.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Kalau armada tangki air itu BPBD ada 4 unit, PMI Ciamis 1 unit dan PDAM Tirta Galuh Ciamis ada 1 unit, jadi totalnya ada 6 unit kurang lebihnya. Mudah-mudahan ini bisa membantu masyarakat yang terdampak akan kekeringan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, jika ada daerah yang ingin mengajukan permohonan suplai air bersih ke BPBD Ciamis, bisa melalui pemerintah desa.

“Caranya dengan membuat surat kepada BPBD Ciamis melalui kecamatan,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online/Editor: Adi Karyanto)