Beranda Berita Nasional DPRD Ciamis Terima Draf Penyusunan Anggaran untuk Pilkada Ciamis dari KPU

DPRD Ciamis Terima Draf Penyusunan Anggaran untuk Pilkada Ciamis dari KPU

DPRD-Ciamis-Terima-Draf-Penyusunan-Anggaran-untuk-Pilkada-Ciamis-dari-KPU.jpg

harapanrakyat.com,- DPRD Ciamis, Jawa Barat, menerima draf penyusunan anggaran untuk Pilkada Ciamis tahun 2024 dari KPU Ciamis, Senin (28/8/2023).

Sarno Maulana Ketua KPU Ciamis menuturkan, pihaknya dalam menyusun tahapan anggaran sudah sematang mungkin.

“Sesuai efisiensi anggaran yang diminta Pemkab Ciamis dan DPRD, mudah-mudahan Rp 54 miliar atau jadi Rp 52 miliar bisa direspon dan disetujui. Kalaupun nanti ada anggaran yang tidak terserap tentunya akan dikembalikan,” ungkap Sarno.

Seperti halnya kemungkinan  adanya lima calon dalam Pilkada Ciamis, pihak KPU tetap menyampaikan skema anggarannya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Pada prinsipnya apapun itu, harus kita sampaikan. Kemudian dengan adanya anggaran KPU yang bersumber dari Provinsi, kita juga sampaikan rinciannya kepada DPRD, sebagai bahan kajian untuk menentukan anggaran dari kabupaten,” jelas Sarno.

Lanjutnya, KPU Ciamis dalam menyusun anggaran Pilkada memperhatikan regulasi, bukan persoalan tawar menawar. Sebab, KPU memiliki harapan, Pilkada di Ciamis bisa sukses tanpa ekses berintegritas dengan dukungan finansial yang sudah KPU susun dan anggarkan.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Permintaan anggaran KPU untuk Pilkada sumbernya dari mana. Tentu semuanya akan disampaikan ke DPRD, dengan harapan anggaran yang kami ajukan awalnya di angka Rp 54 miliar jadi Rp 52 miliar bisa bertahan, dan tidak turun lagi,” ujarnya.

Sebab, kata dia, kalau sampai honor KPPS harus UMR, maka tentunya bertambah. Sementara saat ini KPU menganggarkan Rp 900 ribu per orang.

“Untuk itu kami berharap DPRD menyetujui dan membantu KPU persoalan anggaran Pilkada sesuai yang sudah disusun KPU,” pungkas Sarno.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sementara itu, Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana menyatakan, pihak DPRD membutuhkan proposal rincian anggaran Pilkada dari KPU Ciamis, sebagai bahan kajian badan anggaran DPRD.

Hal itu nantinya sebagai bahan pengesahan berapa miliar anggaran untuk pemilihan kepala daerah Ciamis yang dikelola KPU tahun 2024.

“Insya Allah, tanggal 30 agustus 2023 ini kami dari Banggar (Badan Anggaran) DPRD Ciamis akan rapat penentuan anggaran untuk Pilkada di Ciamis,” pungkasnya. (es/R8/HR Online/Editor Jujang)