Beranda Berita Nasional Dua Rumah Terbakar di PTPN VIII Batulawang Banjar, Kerugian Rp 30 Juta

Dua Rumah Terbakar di PTPN VIII Batulawang Banjar, Kerugian Rp 30 Juta

rumah-terbakar-ptpn.jpeg

harapanrakyat.com,- Dua rumah semi permanen hangus terbakar di perumahan PTPN VIII Batulawang, di Kota Banjar, Jawa Barat. Korban pemilik rumah alami kerugian materi puluhan juta rupiah. Seluruh bangunan beserta isinya habis terbakar hingga rata dengan tanah.

Kepala UPTD Damkar Kota Banjar Aam Amijaya mengatakan, hasil asesmen, kedua penghuni komplek perumahan PTPN VIII Batulawang, mengalami kerugian materi. Masing-masing pemilik rumah mengalami kerugian materi sebesar Rp 30 juta.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

“Berdasarkan hasil asesmen di lapangan, korban kebakaran mengalami kerugian materi masing-masing Rp 30 juta,” kata Aam Amijaya, Senin (28/8/2023).

Ia menjelaskan, banyaknya material yang mudah terbakar membuat api dengan cepat merembet ke rumah yang ada di sampingnya.

“Waktu kita datang ke lokasi kondisi rumah memang sudah rata dengan tanah. Banyak material yang mudah terbakar,” jelasnya.

Petugas yang datang langsung melakukan pendinginan agar tidak ada lagi sumber api yang masih menyala.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Kita menerjunkan dua unit mobil Damkar, dan langsung melakukan pendinginan. Memang masih ada sebagian titik api yang menyala,” tambahnya.

Baca Juga: Dua Rumah Semi Permanen di Perumahan PTPN VIII Batulawang Kota Banjar Ludes Terbakar

Sementara itu, pihaknya menduga penyebab kebakaran tersebut akibat dari tungku salah satu rumah yang masih menyala. Sedangkan rumah itu ditinggalkan oleh pemiliknya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Kemungkinan api berasal dari tungku salah satu rumah, kebetulan sedang memasak. Ditinggalkan untuk mengantarkan anak ke sekolah,” pungkasnya.

Sebelumnya, dua rumah semi permanen di komplek perumahan PTPN VIII Batulawang, Desa Batulawang, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, ludes terbakar sekitar pukul 07.30 WIB.

Banyaknya material yang mudah terbakar sehingga membuat api dengan cepat merembet ke rumah yang ada di pinggirnya. (Sandi/R9/HR-Online/Editor-Dadang)