Beranda Berita Nasional Pramuka Bukan Hanya untuk Anak Sekolah, Kwarcab Ciamis Gelar Gerak Napak Pancer...

Pramuka Bukan Hanya untuk Anak Sekolah, Kwarcab Ciamis Gelar Gerak Napak Pancer Lintas Kota

Gerak-Napak-Pancer-Lintas-Kota-Kwarcab-Pramuka-Ciamis.jpg

harapanrakyat.com,- Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan Gerak Napak Pancer Lintas Kota 1 tahun 2023, Sabtu (26/8/2023). Kegiatan tersebut digelar dalam rangka HUT Pramuka ke-62 dan Hari Kemerdekaan RI ke-78.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya yang juga sebagai Ketua Mabicab Kwarcab Ciamis melepas ratusan peserta Gerak Napak Pancer yang berasal dari anggota Pramuka Dewasa. 

Ketua Kwarcab Ciamis, H Nanang Permana mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Gerakan Pramuka ke-62 dan Hari Kemerdekaan RI ke-78. Kemudian, kegiatan ini juga untuk menguji ketahanan para pembina kegiatan di lapangan.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Kegiatannya itu jalan lintas Medan di sekitar Kota Ciamis ini. Kemudian nanti di dalamnya ada ujian-ujian yang ada hubungannya dengan pembentukan karakter kepramukaan,” katanya.

Melalui Gerak Napak Pancer Lintas Kota 1 ini, Nanang berharap masyarakat tahu kalau Pramuka itu bukan hanya untuk anak sekolah. Akan tetapi, di dalam Pramuka juga ada guru, pemuda dan ada orang tuanya. Karena selain peserta didik, dalam Pramuka juga ada pembina, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terhadap Pramuka.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca Juga: Turun ke Sawah, Ketua DPRD Ciamis Panen Padi MSP Bersama Petani di Patakaharja

“Terlihat sekali bahwa Pramuka bukan hanya untuk Pramuka tapi Pramuka juga untuk masyarakat. Pramuka hari ini, Pramuka yang sedang melaksanakan kode penghormatannya yaitu ikut serta membangun masyarakat,” harapnya.

Bupati Ciamis: Gerak Napak Pancer Lintas Kota Ajang Silaturahmi

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, kegiatan Gerak Napak Pancer Lintas Kota 1 ini sebagai ajang silaturahmi, apalagi momen ini tidak jauh dari peringatan Hari Kemerdekaan RI.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Pramuka adalah salah satu wadah yang harus dipelihara dan kembangkan kesatuan persatuan dan juga gotong royong. Kemudian sifat saling tolong menolong di gerakan Pramuka itu merupakan satu keharusan,” katanya.

Herdiat berharap kegiatan Gerak Napak Pancer (GNP) ini berjalan dengan baik, aman, tertib dan juga lancar.

“Terutama kakak-kakak semua ini harus lebih hati-hati dan jaga keselamatan diri masing-masing dan tim. Mudah-mudahan dalam kegiatan GNP ini tidak ada hal yang tidak diharapkan, selamat berlomba jaga keselamatan diri dan juga tim,” pungkasnya. (Feri/R7/HR-Online/Editor-Ndu)