Beranda Berita Nasional Optimalisasi Program Sekolah Adiwiyata, Dosen Unigal Ciamis Beri Pendampingan di MIS Handapherang

Optimalisasi Program Sekolah Adiwiyata, Dosen Unigal Ciamis Beri Pendampingan di MIS Handapherang

Optimalisasi-Program-Sekolah-Adiwiyata-Dosen-Unigal-Ciamis-Beri-Pendampingan-di-MIS-Handapherang.jpeg

harapanrakyat.com,- Tim Dosen dari Prodi Matematika dan Biologi Universitas Galuh (Unigal) Ciamis, Jawa Barat, memberikan pendampingan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan STEAM-H (Science, Technology, Engineering, Agriculture, and Mathematic)-Health bagi guru MIS Handapherang.

Pendampingan tersebut merupakan bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), civitas Universitas Galuh tahun 2023.

Ketua Tim PKM Prodi Matematika Unigal Ciamis, Dr Ai Tusi Fatimah M.Si mengatakan, pendampingan terhadap guru di MIS Handapherang ini dalam rangka optimalisasi pencapaian program sekolah adiwiyata.

“Kami memberikan pendampingan dan pelatihan kepada para guru, untuk merancang pembelajaran yang terintegrasi dengan STEAM-H, yang nanti diimplementasikan dalam proses pembelajaran kepada siswa,” ungkap Dr Ai.

Baca juga: Di Cikoneng Ciamis, Mahasiswa Unigal Sosialisasikan Pembuatan Eco Enzyme

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Salah satu pembelajaran yang terintegrasi, misalnya mata pelajaran matematika. Siswa nanti diajarkan menanam sayuran dengan sistem hidroponik.

Kemudian lanjut Dr Ai, dalam proses menanam sayuran, siswa mesti mengukur berapa ukuran yang dibutuhkan untuk membuat hidroponik. “Pembelajaran ini terintegrasi dengan matematika,” katanya.

Kemudian kata Ai, hidroponik merupakan media tanam masa kini yang termasuk ke dalam engineering (teknik yang diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia).

“Dengan pembelajaran hidroponik, siswa jadi tahu bahwa media tanam itu banyak macam dan caranya,” katanya.

Lewat kegiatan pendampingan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan STEAM-H ini, pihaknya berharap program inovasi dari sekolah adiwiyata ini bisa lebih optimal.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Kami akan melakukan pendampingan ke MIS Handapherang sampai bulan November 2023. Mudah-mudahan kegiatan PKM ini bermanfaat untuk masyarakat,” ucapnya.

Dr Ai menambahkan, pendanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bersumber dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Adapun pihak yang terlibat, yakni Dosen dari Prodi Matematika dan Prodi Biologi, termasuk keterlibatan 3 orang mahasiswa. “Kegiatan PKM ini nanti bisa dikonversi ke mata kuliah,” pungkasnya.

Apresiasi Kepala MIS Handapherang kepada Unigal Ciamis

Sementara itu, Kepala MIS Handapherang Hj Rukmini mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat dari Dosen Universitas Galuh Ciamis.

“Kegiatan ini sangat baik dan benar benar membantu terhadap berjalannya pendidikan di MIS Handapherang,” ungkap Hj Rukmini.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

MIS Handapherang kata dia, sudah menjadi sekolah adiwiyata tingkat nasional sejak tahun 2019 silam. Saat ini sedang menuju Adiwiyata Mandiri. “MIS Handapherang saat ini membina 4 sekolah binaan, yang diproyeksikan menjadi sekolah Adiwiyata,” ucapnya.

Salah satu proses pembelajaran di Sekolah Adiwiyata MIS Handapherang adalah para siswa dibiasakan selalu menjaga kebersihan, dan bisa memilah sampah.

“Untuk mengurangi sampah, kita wajibkan anak-anak membawa bekal dari rumah. Termasuk membawa misting (wadah makanan). Jadi kalau jajan makanan, tidak pakai plastik dari pedagang, tapi disimpan di misting,” pungkasnya. (R8/HR Online/Editor Jujang)