Beranda Berita Nasional Kembalinya Bandara Kertajati Majalengka, Bangun dari Mati Suri

Kembalinya Bandara Kertajati Majalengka, Bangun dari Mati Suri

Bandara-Kertajati-Majalengka.jpg

Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, si raksasa tersembunyi di Indonesia, sudah siap untuk bangkit kembali dengan semangat yang lebih menggebu-gebu. Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengumumkan bahwa bandara ini akan kembali beroperasi penuh. 

Melansir Suara.com pada Selasa (11/7) lalu, Jokowi mengungkapkan bahwa Bandara Kertajati akan mulai melayani penerbangan di wilayah Jawa Barat mulai bulan Oktober 2023.

Sekilas tentang Bandara Kertajati, ini merupakan cikal bakal kedua setelah Bandara Soekarno-Hatta yang terkenal. Bandara megah ini akan mampu menampung segala jenis penerbangan, mulai dari domestik, internasional, hingga pesawat jet komersial. 

Serba Serbi Bandara Kertajati Majalengka 

Terletak di Kabupaten Majalengka, sekitar 68 kilometer dari Bandung, bandara ini memberikan nuansa magis dengan keindahan dan kemegahan alam sekitarnya. Kertajati, bukan hanya sebuah nama, tetapi sebuah janji bahwa keindahan dan kenyamanan akan menyertai setiap penerbangan yang tersedia.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dengan beroperasinya jalan Tol Cisumdawu, perjalanan dari Bandung ke Bandara Kertajati hanya akan memakan waktu sekitar satu jam. 

Siap Layani 29 Juta Penumpang Per Tahun

Kapasitasnya sungguh luar biasa. Landasan pacu sepanjang 2.500 meter yang telah diperpanjang hingga 3.000 meter, dengan luas bandara mencapai 1.800 hektar. 

Ini menjadikan Bandara Kertajati di Majalengka siap untuk menghadirkan layanan unggul kepada 29 juta penumpang setiap tahunnya. Bahkan terminal penumpangnya sendiri memiliki luas sekitar 96.280 meter persegi.

Menariknya, Bandara Kertajati juga telah membuka peluang untuk penerbangan kargo, yang diharapkan dapat mencapai 1,5 juta ton pada tahun 2020. Inilah bukti nyata bahwa bandara ini tidak hanya mengutamakan penumpang, tetapi juga menghubungkan bisnis dan perdagangan yang tak terbatas.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Rute Penerbangan Domestik dan Internasional

Bicara tentang rute penerbangan, Bandara Kertajati di Majalengka benar-benar memanjakan kita. Dari domestik hingga internasional, bandara ini telah menyiapkan pangkuan hangatnya untuk menerima berbagai destinasi. 

Baca Juga: Ratusan Jemaah Umrah Diberangkatkan dari Bandara Kertajati Jabar

Bahkan, Malaysia pun mendapatkan tempat istimewa di sini, dengan rute langsung Kertajati-Kuala Lumpur yang dioperasikan oleh Air Asia sejak bulan Mei 2023. Tidak lupa jamaah haji dan umroh, Bandara Kertajati siap untuk mengantarkan penumpang dalam perjalanan suci mereka.

Fasilitas di Bandara Kertajati

Fasilitas di Bandara Kertajati di Majalengka bisa membuat kita terpana. Runway yang megah ini bukan hanya layak untuk pesawat-pesawat berbadan besar, tetapi juga untuk Antonov, pesawat kargo terbesar di dunia! 

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Tidak hanya itu, gate check in yang berlimpah serta mesin check in mandiri siap memberikan pengalaman yang nyaman dan efisien. Dengan berbagai fasilitas modern dan sistem keamanan, Bandara Kertajati adalah bukti bahwa keselamatan penumpang adalah prioritas.

Pembangunan dan operasional Bandara Kertajati memberikan sebuah kisah inspiratif. PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) menjadikan bandara ini tidak hanya sekedar terminal, tetapi juga sebagai ikon bagi kemajuan wilayah. 

Biaya pembangunan mencapai Rp 2,6 triliun, dan hasilnya lebih dari sekadar bangunan fisik. Dengan semua fasilitas canggih, dan akses yang semakin mudah, kembalinya Bandara Kertajati di Majalengka adalah awal dari era baru dalam penerbangan Indonesia. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)