Beranda Berita Nasional Lantik Kepala Sekolah di Jawa Barat, Gubernur Tekankan Tiga Prinsip

Lantik Kepala Sekolah di Jawa Barat, Gubernur Tekankan Tiga Prinsip

Karir-Ridwan-Kamil-dari-Arsitek-hingga-Menjadi-Politisi.jpg

harapanrakyat.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melantik 77 kepala sekolah SMA/SMK/SLB di lingkungan Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jumat (25/8/2023). Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 821.2/kep.578-BKD/2023.

Dalam sambutannya, Ridwan Kamil menekankan kepala sekolah agar memegang teguh tiga prinsip saat menjalankan tugasnya. Tiga prinsip itu yakni integritas, bekerja sepenuh hati, dan profesional.

“Bekerja secara profesional, tambah ilmu tiap hari. Jangan berhenti belajar karena dunia banyak perubahan,” ungkap Ridwan Kamil.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca Juga : Kebakaran TPA Sarimukti, JQR Salurkan Bantuan ke Warga Terdampak

Gubernur Jawa Barat juga berpesan kepada kepala sekolah untuk dapat merespons disrupsi 4.0 dan perkembangan teknologi informasi.

“Begitu mudah juga anak-anak terpengaruh oleh sisi buruk dari yang namanya revolusi digital, seperti penipuan online, cyberbullying. Kemudian perhatikan juga hal-hal buruk secara sosial yang terjadi di balik lompatan-lompatan digital itu,” ucapnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Selain itu, gubernur juga berharap kepala sekolah dapat menjadi garda terdepan dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) Jawa Barat yang berkualitas untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Salah satunya dengan melahirkan inovasi untuk menjawab tantangan zaman.

Menurut gubernur, kepala sekolah juga memiliki peran penting dalam mencegah bullying maupun cyberbullying di sekolahnya. Apalagi, kepala sekolah dan insan pendidikan merupakan orang tua murid di sekolah.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca Juga : Kadisdik Sebut Ciamis Masih Kekurangan Guru dan Kepala Sekolah

“Ajari para guru sebagai pengganti orang tua. Jangan hanya urusan menyampaikan ilmu, sayangi, cintai, anak didik kita yang rupa-rupa karakternya. Pastikan siswa datang dan pulang dengan selamat,” ucap Gubernur Jawa Barat saat pelantikan kepala sekolah SMA/SMK/SLB itu. (Ecep/R13/HR Online)