Beranda Berita Nasional Program Gerta Maja, Upaya Dinas Tenaga Kerja Ciamis Rangkul Pentahelix Kurangi Pengangguran

Program Gerta Maja, Upaya Dinas Tenaga Kerja Ciamis Rangkul Pentahelix Kurangi Pengangguran

Program-Gerta-Maja-Upaya-Dinas-Tenaga-Kerja-Ciamis-Rangkul-Pentahelix-Kurangi-Pengangguran.jpg

harapanrakyat.com,- Dinas Tenaga Kerja Ciamis, Jawa Barat, tengah merancang program Gerakan Tenaga Kerja Mandiri Sejahtera (Gerta Maja), dalam upaya mengurangi jumlah pengangguran.

Gerta Maja ini merupakan kolaborasi pentahelix antara unsur pemerintah, swasta, akademisi, masyarakat dan unsur media.

“Untuk mengurangi jumlah pengangguran di Ciamis tidak bisa dilakukan satu dua instansi saja, tapi perlu kolaborasi dari semua pihak,” ungkap H Okta, Jumat (25/8/2023).

Pihaknya pun sudah melaksanakan FGD dengan pihak-pihak yang akan terlibat dalam program Gerta Maja di Ciamis.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

“Saat ini Peraturan Bupati (Perbup) tentang  Perluasan Kesempatan Kerja melalui Program Gerta Maja sudah selesai disusun. Tinggal menunggu pengesahannya saja,” katanya.

Baca juga: Disnaker Ciamis Gelar FGD Penyusunan Perbup Tentang Perluasan Kesempatan Kerja

Menurutnya, Gerta Maja ini salah satu strategi pengurangan angka pengangguran, sesuai Undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, dan Peraturan Pemerintah nomor 33 tahun 2013 tentang perluasan kesempatan kerja.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Tujuan dari program Gerta Maja di Ciamis, pertama untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga kerja sesuai kualifikasi dan kebutuhan pasar kerja (industri). Kedua meningkatkan SDM tenaga kerja mandiri yang berkualitas dan memiliki daya saing.

Ketiga meningkatkan penyerapan dan penempatan tenaga kerja. “Terakhir yakni meningkatkan peluang kesempatan berwirausaha (enterpreneur),” jelasnya.

“Sasarannya yakni lulusan SLTA (SMA, SMK ataupun Madrasah Aliyah),” tambah Okta.

BACA JUGA:  Isu Poligami dan Narkoba Bisa Rontokan Elektabilitas Kandidat di Pilkada Subang

Intinya tandas Okta, pemerintah terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan kualitas SDM-nya, sehingga tidak banyak yang menjadi pengangguran.

Ia menyebut, jumlah pengangguran di Ciamis berdasarkan data dari BPS tahun 2023 sekitar 3,75 persen. Turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 5 persen lebih.

“Mudah-mudahan dengan program Gerta Maja ini, jumlah pengangguran di Ciamis setiap tahunnya menurun. Dan masyarakat miskin semakin berkurang,” pungkas Okta. (R8/HR Online/Editor Jujang)