Beranda Berita Nasional Maling Ngaku-Ngaku Petugas Metrologi Incar Timbangan Pabrik Huller di Ciamis

Maling Ngaku-Ngaku Petugas Metrologi Incar Timbangan Pabrik Huller di Ciamis

Maling-Ngaku-Ngaku-Petugas-Metrologi.jpg

harapanrakyat.com,- Maling ngaku-ngaku petugas metrologi mengincar pabrik huller di Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Maling menyasar para pemilik pabrik huller dan meminta agar para pemilik huller melakukan tera ulang timbangan.

Suyud, salah seorang korban yang merupakan pemilik pabrik huller di Dusun Cibeureum, RT 27, RW 07, Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari mengatakan, awal mula kejadian pelaku yang menggunakan mobil pick up mendatangi rumahnya. Pelaku juga meminta agar dirinya melakukan tera timbangan.

“Tadi sekitar pukul 06.30 WIB ada yang datang ke rumah saya, katanya sih mau melakukan tera ulang timbangan. Karena saya selalu melakukan tera maka saya tadi tidak menaruh curiga apa-apa,” katanya kepada harapanrakyat.com, Rabu (23/08/2023).

Suyud menuturkan, pelaku menyebut hari ini ada pengecekan ulang tera timbangan. Sehingga maling yang ngaku-ngaku petugas metrologi tersebut mengangkut timbangan milik Suyud.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Baca Juga: Tabrakan Beruntun di Banjarsari Ciamis, Tiga Pemotor Luka-Luka

“Katanya tadi selepas Dzuhur juga sudah selesai dan akan diantarkan kembali timbangannya, tapi setelah ditunggu sampai pukul 12.00 WIB, petugas ini tak kunjung datang mengantar kembali timbangan saya,” tuturnya.

Lanjut Suyud, lantaran sudah banyak petani yang akan menggiling padi, ia lantas menjemput timbangan yang sedang ditera ulang ke kantor desa.

“Saya langsung berangkat ke desa, tapi di desa tidak nampak kegiatan apa-apa, saya juga langsung tanya ke pegawai desa, katanya tidak ada pengecekan tera di desa,” lanjutnya.

Suyud kemudian mendatangi kantor Kecamatan Banjarsari dengan harapan tera ulang timbangan tersebut dilaksanakan di Kantor Kecamatan.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Namun, saat tiba di Kantor Camat, eh ternyata tidak ada juga kegiatan tera. Bahkan tadi saya nanyain langsung ke pegawai kecamatan, katanya tidak ada kegiatan tera timbangan,” jelasnya.

Suyud menambahkan pelaku memakai mobil pick up saat membawa timbangan duduk miliknya. Mobil tersebut melaju menuju arah Rata Gandul Langkapsari.

Modus Maling Ngaku-Ngaku Petugas Metrologi, Camat Banjarsari Ciamis Angkat Bicara

Sementara itu, Sekretaris Camat Banjarsari. Arip Subagja mengatakan, tidak ada kegiatan tera ulang timbangan yang dilaksanakan oleh pihak metrologi di kecamatan Banjarsari.

“Biasanya jika ada kegiatan tera ulang timbangan itu dari pihak Disperindag memberikan tembusan kepada pihak kami. Sementara ini kan tidak ada, jangan jangan ini modus pencurian dengan berpura-pura sebagai petugas metrologi, karena saya juga tadi menanyakan ke staff, tera ulang timbangan itu terakhir kali dilaksanakan pada bulan Desember 2022 lalu,” terangnya.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

Selain di wilayah Kecamatan Banjarsari, lanjut Arip, di Kecamatan Banjaranyar juga tidak ada kegiatan tera ulang timbangan.

“Barusan saya koordinasi dengan pihak kecamatan Banjaranyar, di sana juga sama katanya tidak ada kegiatan tera ulang timbangan,” jelasnya.

Arip berharap, masyarakat lebih berhati-hati dan jangan mudah percaya terhadap orang yang tidak dikenal.

“Jadi alangkah baiknya tanya dulu petugas dari mana, dan pinta surat tugasnya, biasanya kan jika ada kegiatan tera itu ada tembusan atau pemberitahuan terlebih dahulu melalui pemerintah setempat,” pungkasnya. (Suherman/R7/HR-Online/Editor-Ndu)