Beranda Berita Nasional Turun ke Sawah, Ketua DPRD Ciamis Panen Padi MSP Bersama Petani di...

Turun ke Sawah, Ketua DPRD Ciamis Panen Padi MSP Bersama Petani di Patakaharja

Turun-ke-Sawah-Ketua-DPRD-Ciamis-Panen-Padi-MSP-Bersama-Petani-di-Patakaharja.jpeg

harapanrakyat.com,- Ketua DPRD Ciamis, Jawa Barat, H Nanang Permana MH ikut turun ke sawah melaksanakan panen padi varietas MSP (Mari Sejahterakan Petani), di area persawahan Dusun Kowari, Desa Patakaharja, Kecamatan Rancah, Rabu (23/8/2023).

H Nanang tampak bersemangat ikut panen bersama petani, meski harus berjalan ratusan meter menuju area persawahan yang berada di bawah perbukitan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Ciamis itu turun ke sawah dan langsung “ngarit” tanaman padi yang siap panen.

H Nanang Permana MH pada kesempatan itu mengungkapkan, padi yang dipanen merupakan varietas MSP 14 yang dikembangkan oleh PDI Perjuangan.

“Nanti hasil panen ini akan dibagikan ke masyarakat. Karena ini bukan padi hybrid, jadi bisa ditanam lagi sampai 5 kali, sehingga petani tidak harus membeli benih,” ungkap Nanang.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Menurutnya, padi MSP ini lebih unggul dari varietas padi yang lain. Selain bisa kembali ditanam, butir padi yang dihasilkan juga lebih banyak.

“Dalam satu malai (batang) padi MSP 14 bisa menghasilkan sampai 300 butir padi. Kita juga sedang kembangkan padi MSP 3, satu malai-nya itu bisa 800 butir. Sekarang sedang dikembangkan di Gerakan Pramuka,” jelas H Nanang Permana, yang juga menjabat Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Ciamis ini.

Baca juga: Hadiri Jalan Sehat di Desa Pasawahan Ciamis, Nanang Permana Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan dan Kerukunan

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pengembangan Padi MSP di Ciamis

Pengembangan padi MSP ini lanjut H Nanang, merupakan bentuk pengaplikasian program GNP (Gerakan Nanam Padi) di kabupaten Ciamis.

“Gerakan nanam padi ini salah satu upaya untuk menciptakan kedaulatan pangan di masyarakat,” katanya.

Masyarakat kata Nanang, harus bisa menanam padi. Kalaupun tidak memiliki sawah, padi saat ini bisa ditanam di media polybag, di pekarangan rumah.

“Saya sudah beberapa tahun yang lalu menanam padi di media polybag, menggunakan padi MSP. Dan hasilnya sangat bagus. Lewat gerakan pramuka, saya terus ajak dan kampanyekan ke generasi muda (pelajar) untuk mau menanam padi atau tanaman lainnya. Minimal nanti, untuk sekedar makan tidak usah membeli beras, tapi makan dari hasil menanam sendiri,” ucapnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Sementara itu, salah satu petani di Dusun Kowari, Desa Patakaharja, Ateng mengapresiasi langkah Ketua DPRD Ciamis H Nanang Permana ikut memperhatikan nasib petani.

Salah satunya dengan memberikan benih padi varietas MSP, yang hasil panennya bisa lebih maksimal dari padi biasanya.

“Kita baru panen kali ini dan hasilnya terlihat berbeda dengan padi biasa. Bulir padinya lebih banyak. Artinya hasil panen padi bisa meningkat,” ujar Ateng. (R8/HR Online/Editor Jujang)