Beranda Berita Nasional Kandang Ayam di Ciamis Hangus Terbakar, Pemilik Rugi Ratusan Juta

Kandang Ayam di Ciamis Hangus Terbakar, Pemilik Rugi Ratusan Juta

kandang-ayam-terbakar.jpeg

harapanrakyat.com,- Sebuah kandang ayam dua tingkat milik Dani Mulyana (30) di Dusun Desa, Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat hangus terbakar, Selasa (22/8/2023). Akibatnya pemilik kandang ayam mengalami kerugian sekitar Rp 150 juta.

Petugas Damkar Ciamis Yayan mengatakan, pihaknya menerima laporan kebakaran kandang ayam milik Dani Mulyana pada pukul 13.50 WIB. Kemudian anggota Damkar Ciamis langsung berangkat dan tiba di lokasi pukul 14.10 WIB.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Yayan menjelaskan kebakaran itu berawal dari mertua dari pemilik kandang ayam sedang melakukan sterilisasi kandang dari bakteri. Cara pengasapan atau fooging di dalam kandang, karena rencananya pada pekan depan akan diisi ayam.

“Namun pada saat pengasapan berlangsung mertua si pemilik kandang pergi sementara, karena akan salat Dzuhur. Namun, karena bahan yang mudah terbakar sehingga menimbulkan api dan membakar sebagian kandang,” jelasnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Api pun semakin membesar, kemudian istri pemilik kandang menghubungi UPTD Damkar Ciamis untuk meminta bantuan pemadaman terhadap kandang tersebut.

Baca Juga: Damkar Ciamis Berhasil Evakuasi Kukang di Pemukiman Warga

“Kemudian kami merespon laporan tersebut. Anggota langsung bergegas dan langsung melakukan evakuasi pemadaman kandang ayam,” ucapnya.

Pada pukul 15.00 WIB api berhasil dipadamkan dan situasi dinyatakan aman. Yayan menambahkan, terkait penyebab kebakaran diduga karena pengasapan atau fooging.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Alhamdulilah tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun pemilik kandang harus mengalami kerugian material yang ditaksir sekitar Rp 150 juta,” pungkasnya. (Ferry/R9/HR-Online/Editor-Dadang)