Beranda Berita Nasional Kawanan Monyet Serbu Permukiman Bikin Warga Sirnajaya Ciamis Resah

Kawanan Monyet Serbu Permukiman Bikin Warga Sirnajaya Ciamis Resah

kawanan-monyet-sirnajaya.jpeg

harapanrakyat.com,- Kawanan monyet merangsek ke permukiman warga Desa Sirnajaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Hal tersebut membuat warga resah, karena monyet itu menggasak berbagai jenis tanaman dan buah-buahan.

Warga menduga masuknya kawanan monyet ke permukiman karena dampak musim kemarau panjang. Akibat sumber makanan di habitatnya berkurang.

Tasum, Kepala Desa Sirnajaya membenarkan belakangan ini banyak monyet dari kawasan hutan masuk ke pemukiman penduduk.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Kawanan monyet yang masuk ke permukiman warga Sirnajaya seolah tidak takut lagi dengan manusia. Sebab, berdasarkan laporan dari masyarakat Dusun Kubang, Desa Sirnajaya, monyet sudah berani masuk rumah mencuri makanan.

“Ya, kawanan monyet tidak hanya menggasak berbagai macam tanaman dan buah buahan, akan tetapi sudah berani masuk rumah. Bahkan banyak menyerang ternak ayam,” ujar Tasum, Senin (21/8/2023).

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Tasum menyebut kejadian tersebut membuat warga sudah merasa resah dan takut. Warga khawatir tiba-tiba monyet menyerang dan mencelakainya.

Pemerintah Desa Sirnajaya telah berkoordinasi dengan Babinsa dan Babinkamtibmas Polsek Rajadesa untuk menangani monyet tersebut. Namun hingga saat ini belum menemukan solusi, monyet masih berkeliaran di permukiman warga.

Baca Juga: Lapar, Kawanan Monyet Turun dari Gunung Sawal Ciamis

“Pemerintah menjadi bingung, sebab kalau saja kawanan monyet ditembak atau dibunuhnya takut jadi masalah,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Menyikapi hal tersebut Pemerintah Desa Sirnajaya berharap agar petugas BKSDA bisa turun tangan kawanan monyet itu. Supaya kawanan monyet yang sudah meresahkan dan menakutkan dapat diusir, sehingga bisa kehabitatnya kembali.

“Semoga petugas BKSDA bisa turun melakukan penanganan, sehingga kawanan monyet itu dapat kembali ke habitatnya,” pungkasnya. (Dji/R9/HR-Online/Editor-Dadang)