Beranda Berita Nasional Demokrat Kembali Desak Anies Baswedan Segera Deklarasikan Cawapres

Demokrat Kembali Desak Anies Baswedan Segera Deklarasikan Cawapres

Demokrat-Kembali-Desak-Anies-Baswedan-Segera-Deklarasikan-Cawapres.jpeg

harapanrakyat.com,- Andi Arief, Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat, kembali mendesak Anies Baswedan segera mendeklarasikan Bakal Cawapres. Ia mendesak capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu, demi meningkatkan elektabilitas.

“Dengan tegas saya harapkan Anies Baswedan segera melakukan deklarasi mengenai Bacawapres sebagai strategi untuk meningkatkan elektabilitasnya,” ujar Andi, Senin (21/8/2023).

Andi juga memberikan saran kepada partai NasDem agar mempertimbangkan masukan ini mengenai Cawapres Anies Baswedan. Dia mendorong Tim Delapan yang ada di dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) agar segera mengevaluasi situasi ini.

“Kepada para rekan di NasDem, saya berharap mereka mempertimbangkan pendapat ini dengan bijak. Sedangkan Tim Delapan diharapkan dapat segera menilai pencapaian yang telah diraih,” tega Andi.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Kamhar Lakumani, Deputi Bappilu Partai Demokrat, menekankan hal yang serupa. Dia mengingatkan mengenai isi kesepakatan koalisi terkait pengumuman calon presiden dan calon wakil presiden yang sebaiknya tidak terlalu ditunda.

“Kami mempercayakan sepenuhnya kepada Anies Baswedan untuk memutuskan mengenai Cawapres. Kriteria telah jelas, dan tidaklah pantas jika tercipta kesan campur tangan,” ujar Kamhar.

Baca juga: Dialog Rakyat di Bandung, Anies dan AHY Terima Curhatan Warga

Ingatkan Anies Baswedan Soal Deklarasi Capres Cawapres KPP

Namun, dikatakan Kamhar, pihaknya juga ingin mengingatkan mengenai waktu pelaksanaan deklarasi pasangan lengkap. “Dalam piagam kerjasama tiga partai, poin keempat menyatakan bahwa KPP akan segera menyelenggarakan deklarasi dan pengumuman mengenai calon Presiden dan calon Wakil Presiden periode 2024-2029,” ungkapnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Kamhar menunjukkan bahwa deklarasi dari koalisi sudah dilakukan sejak waktu yang lama. Oleh karena itu, menurutnya, tidak ada kendala yang berarti untuk segera mendeklarasikan Cawapres Anies Baswedan.

“Kami telah melalui separuh perjalanan menuju Pilpres. Ini adalah tanda waktu yang cukup panjang. Selain itu, tidak ada dasar politik yang kuat untuk menunda. Meskipun koalisi lain mungkin menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait batas usia minimal Cawapres, namun kami tidak memiliki alasan yang sama,” tegas Kamhar.

Kamhar menilai bahwa Koalisi Anies Baswedan memiliki keuntungan dalam hal momentum, termasuk dalam hal mendeklarasikan sosok Cawapres. Menurutnya, saat ini masih belum terlambat untuk melakukannya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Keuntungan yang dimiliki saat ini adalah waktu. Momentum ini bisa diciptakan, tidak ada yang secara otomatis diberikan. Melakukan deklarasi pasangan lengkap dapat menjadi kesempatan baik dalam ranah politik bagi Koalisi Perubahan.

“Waktu masih ada untuk mengejar ketertinggalan dan membalikkan situasi. Hal ini harus diperhatikan dengan cermat, kesalahan menghitung waktu akan menimbulkan penyesalan di masa mendatang. Dan tentu kita semua tidak menginginkan hal itu terjadi,” ungkap Kamhar.

Hingga saat ini, Bacapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan belum juga mengumumkan nama bakal Cawapres yang akan mendampinginya. (R8/HR Online/Editor Jujang)