Beranda Berita Nasional Deklarasi Pemilu Damai di Pangandaran, KPU Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas

Deklarasi Pemilu Damai di Pangandaran, KPU Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas

Deklarasi-Pemilu-Damai.jpg

harapanrakyat.com,- Menjelang Pemilu 2024, berbagai komponen lembaga di Pangandaran menyatakan deklarasi pemilu damai di depan Pendopo Bupati Pangandaran, Rabu (16/8/23).

Dalam Deklarasi Pemilu Damai tersebut, selain KPU yang merupakan penyelenggara pemilu hadir, Forkopimda serta perwakilan dari seluruh Parpol Peserta Pemilu 2024 se Kabupaten Pangandaran juga ikut hadir.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, keberhasilan pemilu yang damai sangat tergantung pada semua peserta pemilu dan masyarakat.

Dalam konteks pemilu, kata Jeje, persaingan antar calon terjadi untuk memenangkan dukungan masyarakat.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Baca juga: SOPAN Kunjungi Kecamatan, Inovasi RSUD Pandega Pangandaran Tingkatkan Pelayanan

“Seperti dalam permainan bola, ada benturan atau sentuhan kasar. Akan tetapi yang penting tetap menjaga damai dan mematuhi aturan,” kata Jeje Wiradinata.

Jeje juga mengungkapkan bahwa masalah semacam ini akan ditangani oleh Bawaslu yang memiliki wewenang tersebut.

“Namun, apapun itu, mari kita semua berkomitmen agar pemilu dapat berlangsung dengan aman, lancar, dan damai,” tambahnya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Ketua KPU Kabupaten Pangandaran Muhtadin menegaskan, deklarasi ini adalah bukti komitmen untuk menjaga perdamaian selama Pemilu 2024.

Pihaknya pun mengajak semua pihak harus bersama-sama menjaga keadaan yang kondusif, tata tertib, dan keamanan selama seluruh tahapan Pemilu 2024.

“Saya mengajak masyarakat untuk melihat pemilu sebagai alat untuk menentukan masa depan Pangandaran dengan menjaga suasana kondusif selama pelaksanaan pemilu mendatang,” katanya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Sementara itu, Kapolres Pangandaran AKBP Imara Utama menegaskan, pihaknya menyatakan kesiapannya dalam melaksanakan pengamanan pada setiap tahapan Pemilu 2024.

Bahkan, ia pun dengan tegas menyatakan Polres Pangandaran akan menjaga netralitas dalam mengawal kelancaran pemilu.

“Kami berharap agar partai politik menjaga persatuan dan kesatuan, menghindari perpecahan dan gesekan. Mari bersama-sama menciptakan Pemilu 2024 yang damai, aman, dan kondusif,” katanya. (Mad/R6/HR-Online/Editor: Muhafid)