Beranda Berita Nasional FKP3D Kota Banjar Latihan Bersama Vertical Rescue Indonesia di Bukit Mandalare 

FKP3D Kota Banjar Latihan Bersama Vertical Rescue Indonesia di Bukit Mandalare 

Vertical-Rescue-Indonesia.jpg

harapanrakyat.com,- Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan Daerah (FKP3D) Kota Banjar, Jawa Barat, melaksanakan latihan gabungan bersama vertical rescue Indonesia Tedi Ixdiana.

Latihan gabungan vertikal rescue tersebut berlangsung selama dua hari dari 15-17 Agustus bertempat di tebing Mandalare, Kota Banjar.

Komandan Vertical Rescue Indonesia, Tedi Ixdiana, mengatakan, pada latihan gabungan ini para peserta berlatih simulasi teknis evakuasi dari tebing seperti mengangkat, menurunkan, dan teknik menyeberangi tali saat evakuasi.

Menurutnya tugas-tugas vertical rescue tidak hanya berkaitan dengan evakuasi di bukit terjal saja. Tetapi juga di tempat yang ada di lingkungan sekitar seperti evakuasi dari sumur dan bangunan tinggi.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Sehingga para relawan yang bertugas harus mengikuti pelatihan agar mereka memiliki keahlian dan kemampuan dalam menjalankan tugas vertical rescue. 

“Intinya pelatihan ini bagaimana bergerak di ketinggian dengan aman. Bagaimana meniti tali, menyeberang dari tali dan memasang angkor atau pancang di tebing,” kata Tedi kepada wartawan Rabu (16/8/23).

Latih Kemampuan dan Mental Relawan

Sementara itu, Koordinator FKP3D Wilayah IV Kota Banjar Yudi Andiana, mengatakan, latihan gabungan tersebut untuk melatih kemampuan dan mental para relawan. Terutama dalam menghadapi situasi sulit seperti upaya evakuasi korban pada medan terjal.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Pelatihan tersebut materinya terkait tugas-tugas relawan untuk untuk menumbuhkan jiwa kemanusiaan. Kemudian juga praktek proses evakuasi korban dari atas tebing Mandalare.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 85 orang, terdiri dari para relawan dan anak SMA perwakilan FP3D Kota Banjar dan Kabupaten Ciamis.

Lanjut menambahkan, selain vertical rescue agenda lainnya yaitu kirab dan pengibaran bendera merah putih berukuran 18×12 meter di atas bukit Mandalare yang akan dilakukan oleh petugas terlatih.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Implementasi dari pelatihan ini pengibar bendera merah putih dari atas tebing tapi itu pakai yang sudah profesional. Untuk yang simulasi itu hanya latihan gabungan,” katanya. (Muhlisin/R6/HR-Online/Editor: Muhafid)