Beranda Berita Nasional Petani Terdampak Musim Kemarau Bisa Minta Bantuan Air ke BPBD Kota Banjar

Petani Terdampak Musim Kemarau Bisa Minta Bantuan Air ke BPBD Kota Banjar

Kekeringan.jpg

harapanrakyat.com,- Petani yang terdampak musim kemarau hingga lahan sawahnya mengalami kekeringan, bisa meminta bantuan pasokan air ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Jawa Barat.

Seperti diketahui, musim kemarau yang terjadi akhir-akhir ini mengakibatkan lahan sawah, khususnya tadah hujan mengalami kekeringan. Bahkan hingga gagal panen.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar Kusnadi mengatakan, daerah yang dekat dengan Kota Banjar, sudah ada yang meminta bantuan pasokan air untuk lahan sawahnya karena kekeringan.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Ia menjelaskan, pihaknya akan selalu bersiap jika para petani meminta bantuan pasokan air untuk lahan sawahnya.

Baca Juga: Kekeringan Dampak Musim Kemarau, Petani di Batulawang Kota Banjar Gagal Panen

“Kami siap membantu kapan saja jika diperlukan dengan kemampuan yang kita miliki. Kemarin juga kita telah melaksanakan rapat koordinasi dengan berbagai instansi terkait,” kata Kusnadi, Selasa (15/8/2023).

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Selain itu, lanjut Kusnadi, sesuai instruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bahwa ada bantuan untuk para petani yang mengalami gagal panen akibat lahan pertaniannya kekeringan. Ini berlaku bagi petani yang tidak mendaftarkan asuransi.

Ia menambahkan, petani yang tidak mendaftar asuransi bisa melaporkan ke Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjar.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Petani bisa mengajukan ke dinas terkait. Kemudian nanti didata kerugiannya,” pungkas Kusnadi. (Sandi/R3/HR-Online/Editor: Eva)