Beranda Berita Nasional Tingkatkan Partisipasi Pemilu 2024, Disdukcapil Ciamis akan Datangi 152 Sekolah

Tingkatkan Partisipasi Pemilu 2024, Disdukcapil Ciamis akan Datangi 152 Sekolah

Disdukcapil-Ciamis-akan-datangi-152-sekolah.jpeg

harapanrakyat.com,– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat akan jemput bola dengan datangi 152 sekolah SMA/SMK dan MA untuk melakukan rekam e-KTP. Hal itu dilakukan untuk menyasar pemilih pemula dalam rangka Pemilu 2024.

Kepala Disdukcapil Ciamis Yayan Muhamad Supyan, mengatakan pelayanan jemput bola untuk pemilih pemula bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024.

“Kita ketahui bahwa tahun 2024 nanti merupakan tahun Pemilu. Sehingga guna meningkatkan partisipasi masyarakat, kita Disdukcapil melakukan pelayanan jemput bola kepada para pemilih pemula yang usianya 17 tahun dengan membuka layanan pembuatan KTP ke sekolah SMA, SMK maupun Madrasah Aliyah (MA) yang ditargetkan sampai bulan Desember nanti,” terangnya kepada harapanrakyat.com, Selasa (15/08/2023).

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca Juga: Jelang Pemilu, Disdukcapil Ciamis Jemput Bola Rekam KTP el Pemilih Pemula

Yayan menjelaskan, Disdukcapil Ciamis akan datangi sekolah SMA, SMK maupun MA untuk perekaman e-KTP pemilih pemula setiap hari. Perekaman e-KTP ini dilakukan kepada siswa dan siswi yang sudah berumur 17 tahun.

“Ketika kita tanya kepada adik-adik kita ini ternyata mereka terkendala dengan waktu sekolah yang membuat mereka tidak bisa datang ke kantor Disdukcapil untuk melakukan perekaman. Maka dari itu kita melakukan pelayanan jemput bola ini,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Menurut Yayan, siswa di sejumlah sekolah menyambut baik pelayanan Disdukcapil Ciamis. Apalagi perekaman e-KTP dilakukan pada jam istirahat sekolah, sehingga tidak mengganggu aktivitas belajar.

“Sebelum mendapatkan KTP elektronik, para siswa akan mendapatkan identitas kependudukan secara digital. Karena KTP elektronik akan dicetak di kantor Disdukcapil dan diserahkan kepada pihak sekolah setelah KTP elektronik selesai dicetak,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online/Editor-Ndu)