Beranda Berita Subang Paskibraka Subang Akan Kibarkan Bendera di Lapang Yonif 312, Pelatih: Mereka Sudah...

Paskibraka Subang Akan Kibarkan Bendera di Lapang Yonif 312, Pelatih: Mereka Sudah Siap!

Paskibraka Subang Akan Kibarkan Bendera di Lapang Yonif 312, Pelatih: Mereka Sudah Siap!

Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Subang terus melakukan persiapan Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Subang Tahun 2023. 

Disampaikan oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Subang, Kukun Kurnia sekaligus Pengawas dan Pengendali Kegiatan Paskibraka Kabupaten Subang Tahun 2023, bahwa jumlah calon paskibraka yang akan bertugas sebanyak 35 orang dengan pembagian 20 putra dan 15 putri. Calon Paskibraka tersebut berhasil lulus melewati beberapa tahap seleksi, dan kini telah menyelesaikan pra-diklat yang dilaksanakan sebanyak 10 kali sejak bulan Mei.

BACA JUGA:  Mengenal Endang Kosasih: Profil Anggota DPRD Subang yang Berangkat Dari Jalanan

"Adapun proses pelaksanaan paskibraka telah berlangsung sejak bulan Februari 2023 dimulai dari sosialisasi, seleksi, pra-diklat, dan nanti akan ada pusdiklat, pengukuhan dan pelaksanaan. Sehingga keseluruhan terdiri dari enam tahap," ujar Kukun dalam Talkshow Lebih Dekat (Lekat) di Radio Benpas Subang pada Selasa (8/8).

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2022 bahwa tidak hanya bertugas dalam pengibaran dan penurunan bendera, Paskibraka juga diberi instruksi menjadi Duta Pancasila.

Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Kabupaten Subang, Avief Salam Rakhmat, ST., selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Paskibraka 2023 menyampaikan bahwa jadwal Pemusatan Diklat (Pusdiklat) Calon Paskibraka Kabupaten Subang yaitu tanggal 12-15 Agustus 2023. Adapun pengukuhan akan dilaksanakan pada 15 Agustus 2023 dan Pelaksanaan Upacara pada 17 Agustus 2023 akan bertempat di Lapang Yonif 312 Kala Hitam.

BACA JUGA:  Adhyaksa FC Menang Telak 5-0 atas Persikas Subang di Stadion Sriwedari

"Bagi masyarakat Kabupaten Subang yang ingin melihat prosesi pengibaran bendera pada upacara hari kemerdekaan tingkat Kabupaten Subang bisa datang ke Lapang Yonif 312, terbuka untuk umum," tuturnya.

Hadir pula dalam Talkshow Lekat, Pelatih Paskibraka Kabupaten Subang tahun 2023, Azhari Harahap menyampaikan bahwa para Calon Paskibraka telah siap mengibarkan bendera merah putih.

BACA JUGA:  Mengenal ARD, Profil Calon Bupati Subang Sosok Pemimpin Muda

"Mereka telah melalui tahap seleksi, proses latihan dalam pra-diklat selama 10 kali, dari yang awalnya mentalnya banyak yang belum siap kini mereka sudah siap," jelas Harahap.

Adapun unsur tim pelatih Paskibraka terdiri dari KODIM 0605 Subang, Yonif Batalyon 312 Kala Hitam Subang, Lanud Suryadarma Kalijati Subang, Polres Subang dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Subang.

Azhari Harahap selaku pelatih dari Yonif 312 Kala Hitam berpesan kepada Calon Paskibraka untuk menjaga kesehatan, serta mengikuti seluruh tahapan dan instruksi dari pelatih.***(HSM/Radio Benpas Subang)