Beranda Berita Nasional Komisi V DPRD Jabar Dorong Audit Pelanggaran PPDB

Komisi V DPRD Jabar Dorong Audit Pelanggaran PPDB

abdul-hadi-wijaya.jpg

harapanrakyat.com – Perihal temuan dugaan pelanggaran saat proses Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) 2023, DPRD Jawa Barat mendorong adanya audit menyeluruh.

Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat Abdul Hadi Wijaya mengatakan, berdasarkan hasil temuan di lapangan, pihaknya menemukan indikasi kecurangan dan pelanggaran PPDB 2023.

“Temuan pelanggaran ini mulai dari pra pelaksanaan hingga selesai pelaksanaan PPDB 2023. Kami mendorong untuk segera mengaudit secara menyeluruh mengenai pelaksanaan PPDB 2023 di Jawa Barat,” ungkap Abdul Hadi, Rabu (2/8/2023).

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Ia menegaskan, bentuk indikasi kecurangan PPDB itu di antaranya dugaan manipulasi data pendaftar PPDB dengan mengubah alamat domisili. Hal itu, kata Abdul Hadi, agar pendaftar yang memanipulasi data itu jaraknya masuk zonasi.

Baca Juga : Ribuan Siswa di Jawa Barat Diduga Lakukan Manipulasi Data PPDB

Bentuk dugaan pelanggaran lainnya, kata ia, yakni memalsukan surat keterangan tidak mampu. Kemudian praktik titipan oknum tertentu, hingga dugaan praktik suap.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Berbagai indikasi kecurangan PPDB 2023 ini tentunya menjadi sorotan Komisi V DPRD Jawa Barat,” ucapnya.

Ia menuturkan, berbagai pelanggaran saat proses PPDB ini seringkali berulang dan melibatkan oknum-oknum. Oleh karenanya, lanjut ia, banyak warga yang merasa dirugikan dari adanya kecurangan ini.

“Tentunya dengan kembali terulangnya pelanggaran PPDB ini, menjadi preseden buruk dalam pelaksanaan PPDB. Untuk itu, saat rapat kerja Komisi V DPRD Jabar muncul rekomendasi mendorong audit secara menyeluruh. Kami mengharapkan kedepannya tidak ada lagi kecurangan selama proses PPDB di Jawa Barat,” tuturnya. (Ecep/R13/HR Online)