Beranda Berita Nasional Bale Balong Tasikmalaya, Lesehan Suasana Pedesaan

Bale Balong Tasikmalaya, Lesehan Suasana Pedesaan

Bale-Balong-Tasikmalaya.jpg

Bale Balong Tasikmalaya adalah rumah makan sederhana yang menyediakan masakan khas Sunda dengan pemandangan sawah dan kolam ikan. Di tempat ini, Anda bisa menemukan makanan olahan ayam, ikan, dan cumi. 

Lokasi rumah makan bertempat di Jalan Cigantang, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Pantauan tim harapanrakyat.com pada Rabu (5/7/2023) lalu, rumah makan Bale Balong berada di sebelah Puskesmas Mangkubumi. 

Masyarakat lokal memang menyukai masakan khas Sunda, khususnya nasi tutug oncom dan nasi cikur. Apalagi jika bisa menyantap makanan dengan suasana alam yang masih asri, maka akan terasa lebih nikmat.

Baca Juga: Mapa Coffee Tasikmalaya, Cafe Lesehan di Atas Kolam

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Review Bale Balong Tasikmalaya

Masakan khas Sunda di rumah makan tradisional bergaya lesehan selalu menjadi tempat makan yang cocok di segala situasi. Sebelum berkunjung ke Bale Balong, simak poin-poin di bawah ini. 

Masakan Khas Sunda dengan Budget Hemat

Menu makanan di Bale Balong Tasikmalaya masih terjangkau untuk berbagai kalangan, mulai dari Rp 13.000 sudah bisa dapat satu porsi nasi, telor, mendoan, lalapan, dan sambal. Selain itu, pengunjung juga bisa memilih nasi tutug oncom, nasi cikur, atau nasi liwet dengan harga per porsi. 

Apabila berencana untuk mengadakan acara makan-makan keluarga atau berkelompok, pihak resto menawarkan sajian ayam kampung bakar dengan harga Rp 75.000 per ekor. Ada juga ikan nila, ikan gurame, sate cumi, dan sate udang bagi yang menyukai makanan laut. 

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Untuk minumannya, Bale Balong Tasikmalaya menyediakan es kuwut, es kelapa, kopi tubruk, dan aneka jus buah. Harga minuman pun cukup murah, yaitu berkisar dari Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per gelas. 

Baca Juga: Martabak Bang Awal Tasikmalaya, Gurih dan Manis dengan Resep Khas Sulawesi

Cocok untuk Segala Situasi

Terdapat beberapa tempat duduk dengan meja dan kursi untuk pengunjung yang datang berkelompok di ruangan utama. Kemudian, saat masuk ke dalam, ada meja-meja kecil di area balkon untuk pengunjung yang datang sendiri atau berdua. 

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Apabila ingin suasana yang lebih santai dan privat, bisa ke bagian belakang Bale Balong Tasikmalaya. Ada tiga gazebo atau saung bambu dengan tikar dan meja rendah, bonus pemandangan alam yang hijau dan semilir angin segar. 

Secara keseluruhan, Bale Balong merupakan rumah makan yang nyaman baik untuk perorangan atau pun kelompok. Pihak resto belum menyediakan wifi, namun jaringan operator selulur masih bisa menyala karena lokasi tidak terlalu jauh dari area perkotaan. 

Selain itu, Bale Balong Tasikmalaya juga memiliki area parkir sendiri sehingga pengunjung bisa lebih leluasa. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)