Beranda Berita Nasional Inovasi Jempol Gadis Manis Disdukcapil Ciamis Dapat Apresiasi dari Warga 

Inovasi Jempol Gadis Manis Disdukcapil Ciamis Dapat Apresiasi dari Warga 

Inovasi-Jempol-Gadis-Manis-Disdukcapil-Ciamis-Dapat-Apresiasi-dari-Warga.jpg

harapanrakyat.com,- Jempol Gadis Manis menjadi salah satu program unggulan dan inovasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Ciamis, Jawa Barat.

Bahkan, pelayanan perekaman KTP elektronik dengan jemput bola bagi warga disabilitas, sakit dan manusia lanjut usia tersebut, mendapatkan apresiasi dari warga Ciamis. 

Salah seorang adalah Enok (56), warga Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis.

Enok mengapresiasi kinerja dari Bupati dan Wakil Bupati Ciamis serta Pemkab Ciamis, khususnya Disdukcapil Ciamis. 

Baca Juga: 15 WNA Sudah Punya KTP Elektronik Ciamis, Apa Bedanya dengan e-KTP WNI?

Pasalnya, dengan adanya inovasi program layanan dari Disdukcapil tersebut sangat membantu Ade Mulyana, yang merupakan suami Enok.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Ade yang saat ini sedang sakit stroke dan tidak bisa kemana-mana, bisa mendapatkan pelayanan perekaman KTP elektronik tanpa harus pergi ke kantor Disdukcapil Ciamis.

“Terima kasih Bupati dan Wakil Bupati Ciamis atas kinerjanya. Dan terima kasih kepada  Disdukcapil Ciamis, karena telah melaksanakan jemput bola ke rumah saya,” katanya, Senin (31/7/2023). 

Enok menuturkan, sebelumnya suaminya membutuhkan identitas kependudukan untuk kebutuhannya.

Namun mengingat suaminya sakit stroke, sehingga tidak bisa kemana-mana. Maka dari itu, ia melakukan permohonan kepada pemerintah desa setempat. 

“Iya saya laporan ke desa dulu, kemudian dari pemerintah desa mengajukan permohonan ke Kantor Disdukcapil. Alhamdulillah, petugas dari Disdukcapil Ciamis datang ke rumah, untuk melakukan perekaman KTP elektronik suami saya,” tuturnya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Inovasi Jempol Gadis Manis, Pelayanan Terbaik dari Disdukcapil Ciamis

Kepala Disdukcapil Ciamis, Yayan Muhamad Supyan mengatakan, program tersebut sebagai inovasi jemput bola bagi warga tidak bisa datang langsung ke kantor Disdukcapil untuk perekaman e-KTP.

Sementara untuk Enok, pihaknya mendapatkan info, bahwa suaminya sakit dan membutuhkan identitas kependudukan.

“Maka dari itu, kami datang langsung ke rumah Ibu Enok, untuk melaksanakan perekaman KTP elektronik,” katanya.

Menurutnya, ini salah satu tugas yang Bupati Ciamis berikan, khususnya kepada Dinas Dukcapil Ciamis. Agar bisa melayani masyarakat, dan juga harus bisa membahagiakan masyarakat dengan identitas kependudukan tersebut.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca Juga: Pos Pelayanan Disdukcapil Ciamis Diserbu Pengunjung Ngarak Pataka

“Jadi memang ini tugas yang diberikan kepada kami, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tuturnya.

Yayan menjelaskan, inovasi Jempol Gadis Manis ini salah satu bentuk pelayanan dari Disdukcapil Ciamis, untuk masyarakat agar mendapatkan identitas kependudukan. 

“Bagi warga yang belum mempunyai identitas kependudukan, kami siap untuk memberikan pelayanan identitas kependudukan kepada masyarakat tersebut,” jelasnya.

Yayan menyebut, hal ini peran dari Bupati dan Wakil Bupati serta Sekda Ciamis, yang sangat perhatian terhadap pelayanan bagi masyarakat. 

“Agar bisa kita layani yaitu dengan mempunyai identitas kependudukan,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online/Editor: Adi Karyanto)