Beranda Berita Nasional Miris, Jalan Cipatujah Tasikmalaya Rusak Puluhan Tahun

Miris, Jalan Cipatujah Tasikmalaya Rusak Puluhan Tahun

Jalan-Cipatujah-Tasikmalaya-Rusak-Puluhan-Tahun.jpg

harapanrakyat.com,- Jalan di Kampung Ciranca, Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat sepanjang 15 kilometer kondisinya rusak. Kerusakan jalan tersebut sudah berlangsung selama puluhan tahun.

Padahal, jalan itu merupakan akses vital bagi warga untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Seperti membawa hasil pertanian untuk dibawa ke pasar Cipatujah. Selain itu juga akses jalan alternatif menuju Kecamatan Taraju.

Baca Juga: Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya, Bupati: Mohon Maaf Masih Banyak Jalan Rusak

Bahkan, ada warga yang mengabadikan momen ketika sebuah mobil yang membawa pisang terjebak di jalan rusak tersebut.

Dalam video yang beredar, terlihat ban mobil tersebut masuk ke dalam tanah merah yang becek. Karena tidak bisa maju akibat terjebak, maka terpaksa kenek mobil dan warga mendorong mobil yang membawa pisang itu.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Menurut Solihin, salah seorang warga Kecamatan Cipatujah, jalan yang sudah rusak sejak itu dibiarkan rusak oleh pemerintah.

“Ini jalan dari dulu rusaknya, semenjak saya kecil. Sekarang saya sudah nikah ada lah sekitar 35 tahun bahkan lebih,” Kata Solihin kepada harapanrakyat.com, Minggu (30/7/2023).

Menurutnya, jalan tersebut akses yang sangat vital. Lantaran warga kerap melewati jalan alternatif ke Kecamatan Taraju untuk membawa hasil pertanian ke pasar.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Ini mah jalan selalu warga lalui, untuk membawa jagung, pisang dan lainnya untuk dibawa ke pasar. Meski rusak mau gimana lagi terpaksa dilewati, karena tidak ada jalan lain,” keluhnya.

Solihin berharap kepada pemerintah, untuk segera melakukan perbaikan jalan Kecamatan Cipatujah Tasikmalaya yang rusak tersebut.

Baca Juga: Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-391, Aktivis: Pemkab Sedang Tidak Baik-baik Saja

Lantaran menurutnya, akses kesehatan, pendidikan dan pertanian terhambat akibat jalan rusak.

“Semoga cepat diperbaiki. Kasihan warga yang hendak sekolah. Terus yang mau berobat jadi terhambat. Apalagi kalau musim hujan, wah parah sekali beceknya,” ujarnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Jalan Cipatujah Tasikmalaya Rusak, Bupati Mohon Maaf

Sementara itu, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto, usai apel Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (26/7/2023), terkait dengan pembangunan infrastruktur, pihaknya secara khusus mohon maaf.

Ia mengungkapkan, bahwa infrastruktur di Kabupaten Tasikmalaya ada 36 persen lebih yang masih harus dilakukan perbaikan. Angka tersebut menurutnya bukanlah kecil.

“Oleh karena itu, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat, jika keinginan dan harapannya belum dapat kita laksanakan bersama-sama,” ucapnya. (Apip/R5/HR-Online/Editor: Adi Karyanto)