Beranda Berita Nasional Profil Susi Pudjiastuti, Mantan Menteri KKP yang Direstui PKS dan NasDem Jadi...

Profil Susi Pudjiastuti, Mantan Menteri KKP yang Direstui PKS dan NasDem Jadi Cawapres Anies

Susi-Pugjiastuti.jpg

harapanrakyat.com,- Profil Susi Pudjiastuti dari mulai agama hingga prestasinya kini banyak dicari orang melalui mesin pencarian google. Pasalnya, nama Susi Pudjiastuti, pengusaha sekaligus mantan Menteri KKP RI itu kini mencuat dalam bursa bakal cawapres Anies Baswedan.

Hal itu setelah Anies Baswedan berkunjung ke kediaman Susi Pudjiastuti di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, belum lama ini.

Diketahui Anies Baswedan ke Pangandaran dalam rangka menghadiri acara temu relawan. Selama berada di Pangandaran itu Anies menginap di rumah mantan Menteri KPP tersebut.

Kebersamaan keduanya diisi dengan berdiskusi banyak hal, baik soal politik, sosial, hingga soal nasib nelayan dan transportasi udara.

Menurut kabar terkini, nama Susi Pudjiastuti pun masuk dalam daftar bursa bakal calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan untuk Pilpres 2024 nanti.

Bahkan, parpol pengusung Anies yang tergabung dalam KPP (Koalisi Perubahan untuk Persatuan), yakni PKS dan NasDem sudah merestui nama Susi Pudjiastuti.

Lantas, seperti apa sosok Susi Pudjiastuti itu? Berikut ini ulasannya sebagaimana harapanrakyat.com rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Setelah Prabowo dan Zulhas, Giliran Anies Baswedan Bertemu Susi Pudjiastuti di Pangandaran

Profil Susi Pudjiastuti, Lulusan SMP yang Sempat Jadi Menteri

Susi Pudjiastuti lahir tanggal 15 Januari 1965 di Pangandaran, Jawa Barat, agama Islam. Ia adalah anak dari pasangan H Ahmad Karlan dan Hj. Suwuh Lasminah asal Jawa Tengah.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Meski kedua orang tuanya berasal dari Provinsi Jawa Tengah, tetapi keluarganya ini sudah lima generasi tinggal atau hidup di Pangandaran.

Kakek buyutnya yang bernama H Ireng merupakan seorang tuan tanah yang sudah terkenal di daerahnya.

Sedangkan, usaha keluarga Susi Pudjiastuti sendiri adalah jual beli ternak. Keluarganya itu mendatangkan ternak dari daerah Jawa Tengah untuk diperdagangkan di Pangandaran, Jawa Barat.

Kemudian, dalam menjalani bahtera rumah tangganya, Susi Pudjiastuti pernah dua kali bercerai.

Dari pernikahannya itu ia dikaruniai 3 orang anak, yakni Panji Hilmansyah anak pertamanya, anak kedua Nadine Kaiser, dan yang ketiga Alvy Xavier.

Baca Juga: Siapa yang Cocok Jadi Cawapres Anies, Srikandi NU Yenny Wahid atau Khofifah?

Riwayat Pendidikan Susi Pudjiastuti

Jika melihat profil dari Susi Pudjiastuti, mantan Menteri KKP ini sebelumnya hanya mengenyam pendidikan sampai tingkat SMP.

Susi sempat melanjutkan pendidikannya ke tingkat sekolah menengah atas, yakni SMAN 1 Yogyakarta, tetapi cuma sampai kelas 2.

Hal itu karena pihak sekolah mengeluarkannya gegara ia aktif dalam gerakan Golput. Namun selain itu, Susi sendiri juga mengaku kalau dirinya tidak cocok dengan sistem pendidikan di sekolah.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Meski begitu, Susi Pudjiastuti bisa mengantongi ijazah setingkat SMA setelah ia mendaftar ke PKBM Bina Pandu Mandiri di Kabupaten Ciamis pada tahun 2015, untuk mengikuti pendidikan Paket C.

Ia mendaftar Paket C setelah menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI di era Presiden Jokowi periode 2014-2019.

Kemudian lulus pada tahun 2018 melalui ujian susulan, karena Susi kala itu melewatkan ujian yang seharusnya ia ikuti di tahun 2017.

Baca Juga: Profil Capres Prabowo Subianto, Perwira Tinggi TNI, Pengusaha dan Politisi

Bisnis

Melihat dari profil Susi Pudjiastuti, ia adalah seorang pengusaha. Bisnisnya bergerak dalam bidang perikanan laut dan transportasi penerbangan.

Ia mengawali bisnisnya pada tahun 1983. Dengan modal Rp 750 ribu dari hasil menjual perhiasannya, Susi menjadi pengepul ikan hasil tangkapan nelayan di Pangandaran.

Karena kepiawaiannya dalam berbisnis, pada tahun 1996 ia pun berhasil mendirikan pabrik pengolahan ikan laut. Pabrik tersebut bernama PT ASI Pudjiastuti Marine Product.

Tak hanya itu, di tahun 2004 Susi Pudjiastuti kemudian memperlebar lagi bisnisnya setelah mendapatkan suntikan modal dari Bank Mandiri sebesar Rp 47 miliar.

Ia mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang transportasi penerbangan. Perusahaannya tersebut bernama PT ASI Pudjiastuti Aviation.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Bisnisnya dalam bidang transportasi penerbangan pun semakin berkembang. Bahkan ia memiliki maskapai penerbangan sendiri bernama Susi Air. Saat ini Susi memiliki pesawat terbang hingga puluhan unit.

Baca Juga: Ratusan Pemuda di Ciamis Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo Capres 2024

Melihat bisnis jasa transportasi udaranya sukses, kemudian tahun 2008 Susi Pudjiastuti mendirikan sekolah pilot.

Melalui PT ASI Pudjiastuti Flying School, sekolah pilot miliknya itu ia beri nama Susi Flying School.

Politik

Jika melihat dari profil Susi Pudjiastuti, pengusaha yang pernah menjabat sebagai Menteri KKP itu memang tidak tercatat dalam partai politik manapun. Dalam biodatanya tertulis “Non Partai”.

Meski begitu, ia sempat menduduki jabatan politik sebagai Menteri KKP (Kelautan dan Perikanan) Republik Indonesia dalam Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla periode 2014-2019.

Memasuki tahun politik saat ini, nama Susi Pudjiastuti pun mencuat. Ia digadang-gadang masuk dalam daftar bakal cawapres Anies Baswedan untuk Pemilu 2024 mendatang.

Bahkan, partai politik pengusung capres Anies Baswedan, yakni PKS dan Partai NasDem kabarnya telah merestui masuknya nama Susi Pudjiastuti.

Itulah ulasan singkat seputar profil Susi Pudjiastuti, pengusaha sukses asal Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. (Eva/R3/HR-Online)