Beranda Berita Nasional Kawargian Pulo Majeti Seba Hasil Bumi ke Pemerintah Kota Banjar

Kawargian Pulo Majeti Seba Hasil Bumi ke Pemerintah Kota Banjar

Kawargian-Pulo-Majeti-Seba-Hasil-Bumi-ke-Pemerintah-Kota-Banjar.jpg

harapanrakyat.com,- Kawargian Adat Pulo Majeti, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, serahkan hasil bumi (Seba) kepada kepala daerah.

Acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam Hajat Bumi 5 yang diselenggarakan oleh Kawargian Adat Pulo Majeti.

Ketua Kawargian Pulo Majeti, Emed Setiawan mengatakan, acara seba hasil bumi itu merupakan bentuk rasa syukur warga kepada tuhan atas panen yang melimpah.

“Seba ini sebagai rasa syukur kita terhadap tuhan karena telah memberikan kesuburan dan hasil bumi yang melimpah. Kita ingin pemerintah mencicipi hasil pertanian kita,” kata Emed Setiawan, Senin (24/7/2023).

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca Juga : Kaulinan Buhun Meriahkan Hajat Bumi 5 di Pulo Majeti Kota Banjar

Ia menjelaskan, dalam kegiatan tersebut, warga menyerahkan berbagai jenis hasil pertanian seperti kelapa, pisang, singkong, dan beberapa hasil bumi lainnya.

Menurut Emed, selain sebagai bentuk rasa syukur, hal tersebut juga merupakan simbol gotong royong dan untuk mempererat hubungan antara masyarakat dengan pemerintah.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Simbolnya mempererat tali kekeluargaan antara masyarakat dengan pemerintah dan mempertahankan budaya gotong royongnya, dan yang paling utama silaturahmi,” jelasnya.

Ia melanjutkan, setiap tahun Kawargian Adat Pulo Majeti menggelar acara Hajat Bumi tersebut pada tanggal 7 bulan Muharam.

“Kemarin kita sudah melaksanakan festival budaya dan pertunjukkan dari lintas agama, ada dari umat Kristiani juga,” lanjutnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Baca Juga : Cerita Cula Gaang yang Diabadikan Jadi Nama Jalan Kampung di Kota Banjar

Emed berharap, adanya acara Hajat Bumi dengan sejumlah rangkaian kegiatan, mulai dari festival budaya hingga Seba Hasil Bumi itu bisa menjadi daya tarik Kota Banjar. 

“Di samping melestarikan budaya leluhur, kegiatan ini juga kami harapkan bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Banjar.” Pungkasnya. (Sandi/R12/HR-Online/Editor: Rizki)