Beranda Berita Nasional Aplikasi Si Jimat, Inovasi Bagian Umum Setda Pangandaran Mudahkan Pengelolaan Surat Masuk...

Aplikasi Si Jimat, Inovasi Bagian Umum Setda Pangandaran Mudahkan Pengelolaan Surat Masuk dan Keluar

Aplikasi-Si-Jimat-Inovasi-Bagian-Umum-Setda-Pangandaran-Mudahkan-Pengelolaan-Surat-Masuk-dan-Keluar.jpeg

harapanrakyat.com,- Bagian umum Setda Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, meluncurkan aplikasi Si Jimat atau Sistem Informasi Digitalisasi Manajemen Surat.

Aplikasi ini merupakan inovasi yang dibuat untuk memudahkan pengelolaan surat masuk dan surat keluar.

Kepala Bagian Umum Setda Pangandaran, Aep Haris mengatakan, dirinya sebagai inisiator pembuatan aplikasi Si Jimat yang didesain ke dalam aplikasi berbasis web dengan menggunakan server lokal, akan memudahkan distribusi surat masuk dan keluar yang ada di Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran.

“Belum adanya digitalisasi terhadap proses manajemen/pengelolaan persuratan yang ada di Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran. Maka saya inisiatif membuat aplikasi itu untuk memudahkan pengelolaan surat masuk dan surat keluar,” kata Aep Haris kepada harapanrakyat.com, Sabtu 22/7/2023).

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Baca juga: Cerita Gunung Parang Pangandaran, Dua Pengawal Raja Bertarung Demi Sebuah Amanah

Peluncuran aplikasi Si Jimat lanjutnya, sebagai upaya penyelesaian dari permasalahan pengelolaan surat masuk dan surat keluar yang ada di lingkup Setda Pangandaran khususnya bagian umum.

“Proses pembuatan inovasi atau terobosan digitalisasi manajemen surat ini kurang lebih tiga bulan terakhir, bersama tim yang saya bentuk,” ujarnya.

Masih dikatakan Aep Haris, aplikasi Si Jimat itu diharapkan mampu mendukung program percepatan reformasi birokrasi yang ada di lingkup pemerintahan daerah khususnya di Kabupaten Pangandaran.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Si Jimat ini dibuat untuk mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang berkembang pesat saat ini,” ungkapnya.

Fitur yang Ada di Aplikasi Si Jimat Pangandaran

Lebih lanjut Aep Haris menambahkan, aplikasi ini dapat dibuka dengan mengakses lokal server yang sudah dibuat. Lalu, dalam proses pengiriman surat dilakukan oleh para pengguna yang sudah diberikan akses sebelumnya, dengan memasukan nama pengguna dan kata sandi sebelumnya.

“Pengguna tinggal memasukkan dan melampirkan seluruh dokumen/informasi yang dibutuhkan pada kolom yang ada di dalam tampilan aplikasi sesuai dengan kebutuhannya,” jelas Aep.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Selain itu tambah Aep Haris, banyak fitur-fitur yang memudahkan digunakan oleh para pengguna di dalam aplikasi Si Jimat Setda Pangandaran. Salah satunya bisa mengecek jumlah surat yang masuk dan keluar, posisi terakhir surat, mengirim pemberitahuan surat yang masuk dan keluar melalui Whatsapp, serta mencetak secara langsung lembar disposisi.

“Saya berharap aplikasi ini dapat terus dikembangkan dan dipergunakan secara massif oleh setiap lembaga/institusi di luar Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran. Sehingga mampu memudahkan dalam pengelolaan surat masuk dan serta keluar,” pungkasnya. (Madlani/R8/HR Online/Editor Jujang)