Beranda Berita Nasional 60 Persen Koperasi di Ciamis Sakit dan Perlu Dibina

60 Persen Koperasi di Ciamis Sakit dan Perlu Dibina

60-Persen-Koperasi-di-Ciamis-Sakit-dan-Perlu-Dibina.jpeg

Sekitar 60 persen dari total 746 koperasi di Kabupaten Ciamis tercatat sedang dalam kondisi sakit dan perlu pembinaan.

Hal itu disampaikan Asda 2 Setda Ciamis, Hendra Suhendra, ketika ditemui HR usai syukuran peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke 76, Sabtu (22/07/2023).

Berdasarkan laporan dari Dekopinda Ciamis, kata Hendra, secara umum koperasi yang aktif menyampaikan laporan hanya sebanyak 40 persen.

Hendra menegaskan, pihaknya akan mengupayakan kembali penguatan dan pembinaan kepada koperasi-koperasi yang tidak aktif.

Penguatan dan pembinaan itu, kata Hendra, terkait dengan ketentuan gerakan perkoperasian sebagaimana diamanatkan undang-undang.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Sebelumnya, Ketua Dekopinda Ciamis, H. Maman Hidayat, menyampaikan bahwa dari total 746 koperasi, hanya 40 persen yang aktif dan rutin menyampaikan laporan.

Maman menegaskan, pihaknya akan melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kembali kesadaran pengurus koperasi.

Pada kesempatan itu, Maman menyampaikan motivasi dan mengajak pengurus koperasi untuk kembali menggaungkan gerakan koperasi. 

DKUKMP dan Dekopinda Ciamis Gelar Syukuran Peringatan Harkopnas ke 76

DKUKMP dan Dekopinda Ciamis Gelar Syukuran Peringatan Harkopnas ke 76

Sebelumnya, DKUKMP dan Dekopinda Ciamis menggelar acara Syukuran Peringatan Harkopnas ke 76, Sabtu (22/07/2023), di Aula Kantor Dekopinda Ciamis. 

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Acara Syukuran Peringatan Harkopnas ke 76 tersebut dihadiri perwakilan pengurus koperasi se-Kabupaten Ciamis.

Ketua Panitia Peringatan Harkopnas ke 76, Toto Marwoto, menyebutkan rangkaian kegiatan pada acara Harkopnas ke 76 tingkat Kabupaten Ciamis tersebut.

Selain syukuran, Toto mengungkapkan, pihaknya juga menggelar kegiatan bazar atau pameran UMKM dan kegiatan jalan sehat.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dekopinda Ciamis, H. Maman Hidayat, menyampaikan kondisi umum perkoperasian di Kabupaten Ciamis.

Maman menyebutkan, dari total jumlah sebanyak 746 koperasi, hanya sekitar 40 persen koperasi yang rutin aktif menyampaikan laporan.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

60 persen sisanya, kata Maman, perlu mendapatkan penguatan dan pembinaan secara khusus kembali terkait gerakan koperasi.

Sementara itu, Asda Bidang Perekonomian Setda Ciamis, Hendra Suhendra, memberikan motivasi agar gerakan koperasi kembali bangkit. 

Kabid Koperasi DKUKMP Ciamis, Adang Hartono, berharap, peringatan Harkopnas ke 76 kali ini memotivasi kembali gerakan koperasi di Kabupaten Ciamis.

Pada momen kali ini, DKUKMP dan Dekopinda Ciamis memberikan penghargaan kepada empat koperasi berprestasi. (Deni/R4/HR-Online)