Beranda Berita Nasional Jalan Desa Nasol Ciamis yang Rusak Kini Diperbaiki dengan Dicor Beton

Jalan Desa Nasol Ciamis yang Rusak Kini Diperbaiki dengan Dicor Beton

Jalan-Desa-Nasol.jpeg

harapanrakyat.com,- Jalan Desa Nasol yang rusak parah akibat kondisi tanah labil kini diperbaiki dengan dicor beton. Jaenal Aripin, Anggota DPRD Ciamis Fraksi PDI Perjuangan, meninjau langsung pembangunan jalan tersebut di Dusun Batumalang, Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

“Saya melihat pengecoran jalan setelah pihak desa memberitahukan pekerjaan tersebut. Dengan begitu bisa secara langsung mengetahui proses cor yang pihak pemborong laksanakan,” ungkapnya, Jumat (21/7/2023).

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Menurut Jaenal, sangat layak memperbaiki jalan tersebut dengan pengecoran. Mengingat kondisi jalan tadinya rusak parah dan juga ada beberapa titik tanahnya labil. Sehingga sangat pas dengan coran ketimbang aspal lapen.

Jaenal menjelaskan, menurut pengawas pekerjaan, jumlah anggaran cor jalan tersebut sekitar Rp 195 juta bersumber dari APBD Ciamis. Panjang Jalan Desa Nasol tersebut 130 meter dengan lebar 3 dan ketebalan 25 sentimeter.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Dengan pengecoran ini, maka kondisi jalan bisa bertahan lama. Jalur itu sering dilalui kendaraan besar seperti truk yang muat kayu,” katanya.

Baca Juga: Sederet Prestasi Bidang Olahraga Ciamis di Event Provinsi Jawa Barat

Jaenal menambahkan, untuk kondisi jalan di pedesaan memang sangat pas kalau dilakukan pengecoran dibanding dengan aspal lapen. Pastinya kekutan jalan tersebut bertahan lama apalagi setelah kering di cor kemudian diberi aspal atasnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Jaenal berharap, ke depan banyak jalan-jalan desa bisa ditingkatkan menggunakan pengecoran yang sesuai dengan anggaran pemerintah desa maupun pemerintah kabupaten.

“Kami sangat mendukung sekali, apabila kondisi jalan-jalan pedesaan yang belum terjangkau oleh perbaikan hotmix bisa dengan pengecoran lebih kuat dan bagus,” pungkasnya (Es/R9/HR-Online/Editor-Dadang)