Beranda Berita Nasional BI dan Kadin Jawa Barat Gelar WJIM 2023

BI dan Kadin Jawa Barat Gelar WJIM 2023

WJIM-2023.jpeg

harapanrakyat.com – Bank Indonesia Jawa Barat dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jabar menggelar West Java Industrial Meeting (WJIM) 2023. Tujuan WJIM 2023 ini untuk memperkuat local value chain kawasan industri serta industri kecil dan menengah (IKM).

Deputi Kepala Perwakilan BI Jawa Barat, Bambang Pramono mengatakan, WJIM 2023 tersebut sejalan dengan strategi pembangunan industri menuju Indonesia Maju 2045.

“Dengan fokus pada industri pengolahan sumber daya alam berbasis kawasan, dan sentra industri dengan integrasi rantai pasok dan rantai nilai dari hulu ke hilir,” ungkapnya di sela-sela WIJM 2023 di Bandung, Kamis (13/7/2023).

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

Baca Juga : Cara Mendapat Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ternyata Syaratnya Tidak Mudah

Menurut Bambang, peran IKM dalam urutan rantai industri pengolahan, perlu semakin dioptimalkan sehingga memiliki daya saing.

Ia menerangkan, pada forum industri dan investasi tersebut, Gubernur Jabar memberikan dukungan untuk pengembangan Kawasan Metropolitan Rebana.

“Juga merespon imbauan pak Gubernur Jawa Barat, untuk mendekatkan industri kecil menengah, ke dalam cluster-cluster kawasan industri. Dengan harapan mendapatkan value chain yang baik,” katanya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan, WJIM 2023 merupakan hal yang penting. Hal itu dalam rangka menghasilkan rekomendasi dan strategi penguatan pelaksanaan local value chain dan hilirisasi industri pengolahan di Jawa Barat.

“Kami juga mengharapkan WJIM 2023 ini dapat menciptakan strategi integrasi IKM dalam kawasan industri dalam bentuk penguatan regulasi dan hal-hal teknis lainnya. Hal itu sebagai input kebijakan bagi pemerintah pusat dan daerah,” katanya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Baca Juga : Ridwan Kamil: Kereta Cepat Jakarta-Bandung 3 Bulan Gratis!

Gubernur menjelaskan, dalam implementasinya hilirisasi tersebut membutuhkan sinergi dan kolaborasi seluruh pihak seperti KADIN, HKI, dan perbankan.

“Dengan terlaksananya kegiatan WJIM 2023, kami harapkan akan tercipta solusi teknis dan praktis dalam mengoptimalkan kemitraan kawasan industri dan IKM. Serta penguatan local value chain dan hilirisasi di Jawa Barat, guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat yang berkelanjutan,” ucapnya. (Rio/R13/HR Online/Editor-Ecep)