Beranda Berita Nasional Kader PPKBD dari Ciamis Raih Juara Tingkat Nasional

Kader PPKBD dari Ciamis Raih Juara Tingkat Nasional

Kader-PPKBD-dari-Ciamis-Raih-Juara-Tingkat-Nasional.jpeg

harapanrakyat.com,- Kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD), dari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, berhasil meraih penghargaan juara 3 tenaga lini lapangan terbaik kategori kader IMP, pada puncak acara Harganas ke 30, di Palembang, Sumatera Selatan.

Adalah Yani Suryani, kader PPKBD asal Sindangrasa, yang telah mengharumkan nama Ciamis di kancah nasional.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A), Dr Dian Budiyana M.Si, mengaku bangga dengan prestasi yang telah ditorehkan.

Kata dia, raihan prestasi juara 3 tingkat nasional ini dicapai tidak secara instan. “Prestasi ini diraih berkat pembinaan yang rutin, melalui peningkatan kapasitas para pengelola program bangga kencana, terhadap Pos KB Desa dan Sub Pos KB Desa baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa,” ungkap Dian Rabu (12/7/2023).

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Baca juga: Hari Jadi Ciamis ke 381 Tahun, DP2KBP3A Ciamis Sumbang Berbagai Prestasi

Hal tersebut juga kata Dian, didukung oleh komitmen yang kuat dari Pemerintah Daerah Ciamis khususnya, dalam memperkuat peranan Pos KB Desa dan Sub KB Desa di lini lapangan.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak, yang telah bekerja sama mensukseskan program bangga kencana di Kabupaten Ciamis. Termasuk Bapak Bupati Ciamis, yang selama ini telah memberikan dukungan yang maksimal terhadap program bangga kencana di Ciamis.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Sehingga dengan munculnya Ibu Yani sebagai juara 3 PPKBD tingkat nasional, diharapkan menjadi motivasi terhadap para pengelola program bangga kencana lainnya, untuk terus melaksanakan tugasnya dengan baik dan maksimal,” katanya.

Perjalanan Yani Suryani Raih Penghargaan Kader PPKBD Terbaik

Adapun pada perjalanannya, Yani Suryani menjadi perwakilan Ciamis dalam lomba pengelola program bangga kencana tingkat Jawa Barat tahun 2023.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Di tingkat Jawa Barat, Yani menjadi juara 1 terbaik kategori PPKBD, dan berhak menjadi wakil Jabar di tingkat nasional.

Di tingkat nasional, melalui seleksi wawancara virtual, Yani Suryani masuk ke dalam 5 besar terbaik. Kemudian saat di Palembang, Yani mengikuti penilaian wawancara langsung dan harus puas berada di peringkat 3 terbaik.

Selain meraih penghargaan terbaik 3 kader PPKBD tingkat nasional, Kabupaten Ciamis juga mewakili Jawa Barat di kategori akseptor lestari 20 tahun atas nama Dedeh Widaningsih-Dayat Saputra, namun belum berhasil masuk 5 besar. (R8/HR Online/Editor Jujang)