Beranda Berita Nasional Misteri Curug Goong Ciamis, Dulu Tempat Penyimpanan Alat Musik Gamelan

Misteri Curug Goong Ciamis, Dulu Tempat Penyimpanan Alat Musik Gamelan

Curug-Goong.jpg

harapanrakyat.com,- Curug Goong yang berada di Dusun Cilangkap, Desa Pasirnagara, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menyimpan cerita mistis yang masih lestari hingga saat ini. 

Menurut Edeng, salah satu pegawai desa yang kini sudah pensiun mengungkapkan, keberadaan curug atau air terjun tersebut hingga kini masih memiliki aura mistis. 

Pasalnya, warga kerap mendengar suara gamelan yang berasal dari curug tersebut. 

Curug Goong, Tempat Penyimpanan Gamelan

Dulu, kata Edeng, lokasi tersebut menjadi tempat penyewaan alat musik gamelan peninggalan nenek moyang wilayah Pasirnagara. 

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca juga: Cerita Batu Heunceut Ciamis, Kerap Keluar Air Merah Setiap Bulan

“Di lokasi ini ada tempat seperti lorong di bawah tebing sungai yang di atasnya terdapat air terjun. Nah di lorong itulah dulunya menjadi tempat penyimpanan alat gamelan,” terangnya, Kamis (6/7/23). 

Alat-alat itu, lanjutnya, dulunya sering juga digunakan oleh para seniman saat hendak ada pagelaran. 

Ketika para seniman meminjam alat musik itu, sambungnya, kemudian mereka akan mengembalikan lagi ke tempat itu jika pagelaran sudah selesai. 

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Namun sayangnya saat ini gamelan-gamelan itu sudah tidak ada lagi di lokasi itu,” imbuhnya.

Tidak adanya gamelan itu, ujar Edeng, lantaran ada orang Bunter yang datang dan meminjam gamelan itu. Akan tetapi, setelah itu gamelan atau Gongnya tidak dikembalikan lagi.

Orang yang kerap mendengar gamelan berbunyi, kata Edeng, biasanya pada malam Jumat Kliwon. 

“Tidak sembarangan orang bisa mengambil batu dari lokasi Curug Goong itu. Pasalnya ada yang mempercayai ada penunggunya,” ujar Edeng.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Ketika dulu sedang trend batu akik, ada seseorang yang sengaja mengambil batu dari lokasi itu. Tapi, pada malam harinya orang tersebut malah didatangi ular besar hingga ketakukan dan mengembalikan batunya ke tempat semula. 

“Jadi kalau mau mengambil apapun dari lokasi itu, hendaknya pamitan terlebih dahulu, jangan sembarangan asal bawa saja. Baiknya meminta bantuan kuncen atau orang yang bisa berkomunikasi dengan penunggunya,” pungkasnya. (Suherman/R6/HR-Online/Editor: Muhafid)