Beranda Teknologi Kearney dan Kominfo Berhasil Mengembangkan Peta Jalan Transformasi Digital untuk Enam Sektor

Kearney dan Kominfo Berhasil Mengembangkan Peta Jalan Transformasi Digital untuk Enam Sektor

DSC01430_800x533.jpg

review1st.com – Kearney dan Kementerian Kominfo Indonesia bekerja sama mengembangkan peta jalan transformasi digital untuk enam sektor utama di Indonesia. Proyek ini bertujuan untuk mengidentifikasi fokus utama dan memberikan rekomendasi kepada Kominfo dalam transformasi digital Indonesia. Hasilnya disampaikan dalam sesi sosialisasi yang dihadiri oleh pejabat kementerian.

Dalam kolaborasi berbulan-bulan, Kearney dan Kominfo menyusun strategi peta jalan untuk transformasi digital di sektor Pertanian, Pendidikan, Maritim, Logistik, Kesehatan, dan Pariwisata. Presentasi hasil proyek tersebut dihadiri oleh para pejabat kementerian yang terlibat dalam sesi sosialisasi.

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Kominfo dalam inisiatif penting ini,” ujar Shirley Santoso, Managing Partner di Kearney. “Indonesia siap untuk pertumbuhan yang signifikan, dan transformasi digital akan menjadi sangat penting dalam mendorong pertumbuhan tersebut. Peta jalan ini akan memandu Kominfo untuk memprioritaskan upaya mereka dan memastikan keberhasilan masa depan digital Indonesia.”

BACA JUGA:  Hasil Foto Keren dengan Kamera 50MP Galaxy Z Flip6: Inspirasi Konten HUT RI

Peta jalan digital ini merencanakan langkah-langkah komprehensif untuk setiap sektor, mengidentifikasi tantangan, peluang, dan strategi kebijakan, infrastruktur, serta inovasi yang diperlukan. Beberapa inisiatif sudah dijalankan di sektor-sektor tertentu.

Misalnya, dalam transformasi e-government, Kominfo telah mengubah 2.700 pusat data menjadi 10-20 Pusat Data Nasional (DCN) untuk 630 institusi pemerintah. DCN ini akan menjadi pusat manajemen data yang mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam mendigitalisasi layanan publik.

Peta Jalan Transformasi Digital: Menuju Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia yang Unggul

DCN Nasional dibangun untuk memenuhi kebutuhan pengolahan dan penyimpanan data yang meningkat pesat. Arsitektur jaringan ini menghubungkan entitas pemerintah pusat dan daerah untuk berbagi dan pertukaran data tanpa batas. Program Transformasi Sistem Pemerintahan Elektronik bertumpu pada DCN Nasional untuk meningkatkan efisiensi layanan publik melalui teknologi dan digitalisasi.

BACA JUGA:  3 Tips Produktif Menggunakan Galaxy Z Fold6 ala Content Creator Apiipp

Selain itu, ada inisiatif baru untuk mempercepat transformasi digital di pendidikan dengan membangun ekosistem digital melalui manajemen sekolah dan sistem pembelajaran. Di industri pertanian, diperkenalkan Ekosistem Pertanian Cerdas dan Pertanian Presisi yang Terintegrasi dengan memanfaatkan sensor tanah dan cuaca untuk meningkatkan produktivitas.

“Peta jalan ini akan menjadi alat yang sangat berharga untuk memprioritaskan upaya kami dan memastikan kami berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan kami. Kominfo berkomitmen untuk mendorong transformasi digital Indonesia dan menjadi pemimpin ekonomi digital. Kami berterima kasih kepada para mitra kami atas upaya untuk mentransformasi Indonesia.”  Ujar Rohit Sethi, Principal Kearney

BACA JUGA:  Vapor Chamber di Galaxy Z Flip6: Pengalaman Ngonten Lebih Lancar dan Nyaman

Keberhasilan peta jalan transformasi digital ini akan sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai pemimpin regional dalam bidang ekonomi digital. Ekonomi digital Indonesia diprediksi akan tumbuh delapan kali lipat pada tahun 2030. Artinya, ekonomi digital yang pada tahun 2021 bernilai $70 miliar diperkirakan akan mencapai $330 miliar pada tahun 2030.