Beranda Berita Nasional Situ Lengkong Panjalu, Danau Indah yang Melegenda

Situ Lengkong Panjalu, Danau Indah yang Melegenda

Situ-Lengkong-Panjalu-Danau-Indah-yang-Melegenda-1.jpg

Situ Lengkong Panjalu menjadi salah satu tempat menarik yang bisa Anda kunjungi. Situ Lengkong yang ada di daerah Panjalu ini menawarkan keindahan yang tidak ada duanya. Wisata alam ini buat para pengunjung takjub dan terpesona berkat keindahannya.

Baca Juga: Kawah Putih Ciwidey Bandung, Tawarkan Pesona Alam yang Indah

Maka tidak heran apabila banyak orang yang berbondong-bondong datang pada Situ Lengkong daerah Jawa Barat ini. Lantas, apa saja daya tarik destinasi wisata satu ini?

Situ Lengkong Panjalu, Wisata Alam Danau yang Indah

Provinsi Jawa Barat memang terkenal dengan berbagai wisata alam yang menarik dan cocok untuk Anda kunjungi. Begitu juga di wilayah Ciamis yang merupakan salah satu kabupaten Jawa Barat.

Ciamis juga memiliki berbagai objek wisata yang indah dan bisa memanjakan mata. Salah satu tempat wisata Ciamis yang terkenal sampai saat ini yaitu Situ Lengkong. 

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Situ Lengkong terletak di perbatasan Kabupaten Majalengka dan Kuningan. Lebih tepatnya danau ini terletak di Kecamatan Panjalu, Ciamis, Jawa Barat. Situ Lengkong merupakan tempat wisata yang cukup populer di Ciamis Jawa Barat. 

Bahkan, objek wisata danau ini juga terkenal ke daerah lainnya seperti Tasikmalaya dan Banjar. Di Situ Lengkong ini menyediakan berbagai tempat wisata yang bisa pengunjung nikmati. Berbagai tempat wisata seperti wisata alam, wisata religi, sampai wisata sejarah bisa Anda temukan di situ Lengkong tersebut.

Danau Cantik dan Mempesona

Situ Lengkong Panjalu memang terkenal dengan danau cantiknya yang memukau. Danau ini secara keseluruhan memiliki luas sekitar 70 hektar.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sedangkan untuk kedalaman danau yaitu sekitar 4 sampai 6 meter. Mengunjungi Situ Lengkong bersama keluarga memang menjadi pilihan yang tepat. 

Baca Juga: Curug Seda Ciamis, Wisata Alam Memukau di Jawa Barat

Di tempat wisata ini Anda bisa menjelajahi area danau menggunakan sebuah perahu. Dengan menjelajah danau tersebut, tentunya Anda bisa melihat pemandangan indah pada area Situ Lengkong.

Kelestarian alam pada kawasan danau ini memang masih terjaga. Sehingga para pengunjung tetap bisa merasakan udara yang sejuk dan menyegarkan.

Terdapat Wisata Religi pada Kawasan Danau

Di kawasan area Situ Lengkong juga terdapat wisata religi. Tepatnya di tengah area danau akan terdapat tiga pulau kecil yang disebut dengan Nusa.

Pulau tengah danau tersebut terdapat petunjuk-petunjuk bersejarah yang tertuang dalam Museum Bumi Alit. Tidak hanya itu, di pulau kecil tersebut juga terdapat sebuah makam yang warga sekitar keramatkan. 

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Makam di pulau kecil tersebut merupakan makam tokoh Raja Panjalu Prabu Hariang Kencana. Selain bisa menikmati pemandangan danau yang indah para pengunjung juga bisa berziarah di makam Raja Panjalu ini.

Bahkan pengunjung yang berziarah di makam tidak hanya dari Ciamis saja. Peziarah dari luar Ciamis pun juga sangat banyak.

Situ Lengkong Panjalu Ciamis Jawa Barat bisa menjadi pilihan untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Keindahan alam yang masih asri tentu bisa memanjakan mata ketika memandanginya. Di kawasan wisata Situ Lengkong juga terdapat wisata religi untuk pengunjung berziarah. (R10/HR-Online)