Beranda Berita Nasional Marak Kasus Kenakalan Remaja, Ini Kata Psikiatri RSUD Kota Banjar

Marak Kasus Kenakalan Remaja, Ini Kata Psikiatri RSUD Kota Banjar

Marak-Kasus-Kenakalan-Remaja-Ini-Kata-Psikiatri-RSUD-Kota-Banjar.jpg

harapanrakyat.com,- Kasus kenakalan remaja yang belum lama ini terjadi terjadi di Kota Banjar, Jawa Barat, menjadi perhatian publik dan mendapat tanggapan dari sejumlah kalangan. Salah satunya dokter spesialis jiwa atau psikiatri RSUD Kota Banjar, Rara Dyah

Rara mengungkapkan, banyak hal yang menjadi faktor kenakalan remaja. “Pertama faktor keluarga, lingkungan, dan sekolah,” kata Rara Dyah, Selasa (4/7/2023).

Menurutnya, keluarga dalam hal ini orang tua, harus pandai memposisikan diri untuk mengawasi anak-anaknya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Pengawasan orang tuanya bagaimana, itu sangat penting. Namun jika terlalu mendikte dan mengekang anak juga tidak bagus,” terangnya.

Baca Juga: IDI dan Pemprov Jabar Sikapi Fenomena Remaja Lakukan Aksi Sayat Tangan

Kemudian faktor dalam kasus kenakalan remaja selanjutnya yakni lingkungan atau pergaulan, bisa menyebabkan anak terjerumus ke hal yang negatif. Bahkan bisa melanggar hukum.

“Ketika anak main apa, bersama siapa dia, dan kemana dia bermain? itu juga orang tua harus tahu. Jadi lingkungan juga sangat mempengaruhi,” paparnya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Lanjut Rara Dyah, faktor sekolah juga sangat penting dalam memberikan pendidikan karakter dan akhlak para siswa siswanya.

“Di sekolah yang sangat berperan itu guru BP. Bagaimana mereka memberikan pemahaman dan memantau anak-anaknya yang terlihat berbeda, atau mengarah ke hal yang negatif,” tambahnya.

Baca Juga: Wakil Walikota Banjar Minta Semua Pihak Tegas dalam Mengatasi Kenakalan Remaja

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Selain itu, sambungnya, pengaruh media sosial yang saat ini semakin canggih, juga bisa mempengaruhi perilaku remaja.

“Dengan semakin canggihnya teknologi juga, mereka bisa melihat dan mendengarkan segala sesuatu yang belum seharusnya untuk remaja di usia mereka,” ungkap Rara Dyah.

Kendati begitu, untuk mencegah kasus kenakalan remaja ini, menurutnya, semua pihak harus ikut berperan dalam mengawasi, mendidik, dan memberikan pembinaan. (Sandi/R5/HR-Online/Editor: Adi Karyanto)