Beranda Berita Nasional Forum Lalu Lintas Perlu Dibentuk di Pangandaran, untuk Apa?

Forum Lalu Lintas Perlu Dibentuk di Pangandaran, untuk Apa?

20230625_163251.jpg

harapanrakyat.com,- Forum Lalu Lintas perlu dibentuk di daerah obyek wisata dengan tujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan kondisi di jalan.

Hal itu dikatakan Kasatlantas Polres Pangandaran AKP. Asep Nugraha. Bahkan, pihaknya pernah mengusulkan kepada pemerintah daerah tentang perlunya pembentukan forum tersebut di Kabupaten Pangandaran.

“Kita pernah mengusulkan ke pemda terkait pentingnya dibentuk forum lalu lintas yang bertujuan untuk menyelesaikan yang berhubungan dengan kondisi di jalan. Tapi sampai saat ini belum bisa berjalan,” kata Asep Nugraha, Minggu (25/06/2023).

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Lanjutnya menjelaskan, forum lalu lintas ini terdiri dari 5 pilar, yakni Polri, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Perhubungan, Bappeda, ditambah Satpol-PP. Serta Dinas Pariwisata karena Pangandaran merupakan daerah wisata.

Permasalahan lalu lintas selesaikan dalam forum lalu lintas, seperti contohnya jalan rusak, pasar tumpah. Serta banyak lagi yang kaitannya dengan pengguna jalan raya.

Baca Juga: Ditlantas Polda Jabar Temui Nelayan Pangandaran, Ada Apa?

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

Selain itu, keberadaan mobil tayo di Pangandaran saat ini memang belum banyak. Tapi mungkin kedepan akan bertambah.

“Itu bagaimana penanganannya. Seperti kemarin ada mobil tayo terguling, cuma tidak terekspos karena tidak ada korban jiwa. Kalau seandainya mobil itu digunakan di jalan wisata silahkan, asal jangan dipakai di jalan raya,” terangnya.

Kemudian, kata Asep Nugraha, kendaraan sepeda listrik juga kalau dipakai di jalan raya harus menggunakan helm untuk keselamatan.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Hari ini belum terlalu banyak. Nanti kalau sudah menjamur kita anjurkan untuk menjaga keselamatan dengan menggunakan helm,” imbuhnya.

Jadi, forum lalu lintas salah satu fungsinya yaitu menyelesaikan permasalahan yang ada di bidang lalu lintas. Seperti rambu-rambu, PJU untuk keselamatan lalu lintas jalan, dan juga di obyek wisata Pantai Pangandaran. (Madlani/R3/HR-Online/Editor: Eva)