Beranda Berita Nasional Saluran Irigasi Cipisitan di Cipaku Rusak, Warga Berharap Perbaikan dari Pemkab Ciamis

Saluran Irigasi Cipisitan di Cipaku Rusak, Warga Berharap Perbaikan dari Pemkab Ciamis

Saluran-Irigasi.jpg

harapanrakyat.com,- Akibat saluran irigasi Cipisitan rusak, pasokan air yang mengairi areal persawahan di Dusun Cicurug, Desa Mekarsari, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menjadi tidak normal.

Hamim Mulyana, warga Dusun Cicurug, Desa Mekarsari, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, mengatakan, kondisi saluran irigasi yang berada di wilayahnya sudah lama rusak.

“Sepanjang saluran sudah pada rombeng. Kalau musim hujan air membanjir areal persawahan, sedangkan saat musim kemarau pasokan air menjadi berkurang. Karena disepanjangnya sudah pada bocor,” ungkapnya kepada harapanrakyat.com, Minggu (25/06/2023).

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Menurut Hamim, pasokan air dari saluran irigasi Cipisitan tidak hanya mengairi areal persawahan dan kolam di wilayah Desa Mekarsari, tapi juga yang ada di Blok Budur wilayah Desa Muktisari.

Baca Juga: Banyak Aset Tanah Pemkab di Kelurahan Ciamis Jadi Pemukiman Warga

Apabila  tidak secepatnya mendapat perbaikan, lanjut Hamim, dapat dipastikan pasokan air tidak akan sampai ke Blok Budur. Bahkan, untuk memenuhi kebutuhan di wilayah setempat pun akan berkurang atau kesulitan.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Untuk mengantisipasi agar air bisa normal, masyarakat dan pemerintah desa sudah memperbaikinya dengan menggunakan tumpukan karung berisi tanah. Namun upaya tersebut tidak kuat bertahan lama. Kita sudah berulang kali melakukan hal itu,” terang Hamim.

Oleh sebab itu, masyarakat dan pemerintah desa setempat berharap agar Pemkab Ciamis melalui instansi terkait dapat segera melakukan perbaikan saluran irigasi Cipisitan, sebelum kerusakannya semakin melebar dan bertambah parah.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Ya, kalau tidak secepatnya mendapat perbaikan, tidak menutup kemungkinan bila hujan deras terjadi bisa menimbulkan banjir. Sedangkan, saat musim kemarau saluran irigasi mengering karena sepanjang salurannya banyak yang bocor,” pungkas Hamim Mulyana. (Dji/R3/HR-Online/Editor: Eva)