Beranda Berita Nasional Mengenal Rina Saadah, Perempuan Muda Asal Tasikmalaya Bacaleg DPR RI dari PKB

Mengenal Rina Saadah, Perempuan Muda Asal Tasikmalaya Bacaleg DPR RI dari PKB

Rina-Saadah.jpg

harapanrakyat.com,- Rina Saadah merupakan sosok perempuan muda inspiratif. Tak heran ia kini menjadi bakal calon legislatif (Bacaleg) DPR RI dari Partai PKB daerah Pemilihan Jawa Barat X yang meliputi Kabupaten Kuningan, Ciamis, Pangandaran dan Kota Banjar.

Perempuan kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat pada 2 Oktober 1990 itu diketahui merupakan lulusan S1 di Universitas Al Azhar Cairo, Mesir, lulusan tahun 2014. Ia juga mengenyam pendidikan S2 di Universitas Indonesia Program Ketahanan Nasional dan lulus pada tahun 2017.

Tak sampai di sana, Rina juga merupakan kandidat Doktor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran pada tahun 2021.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca Juga: Malam Ini, Cak Imin Akan Silaturahmi ke SBY dan AHY, Bahas Apa?

Rina Saadah juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai pemenang penghargaan Ten Outstanding Young Person (TOYP) 2018 JCI Indonesia.

Perempuan muda itu juga menduduki posisi yang penting di beberapa organisasi di Indonesia.

Saat kuliah di Kairo, Rina pernah menjabat sebagai ketua Student Parliament Al Azhar Cairo 2013-2014 member of IJMA (Ikatan Jurnalis Mahasiswa Mesir). Ia juga pernah menjabat sebagai wakil sekretaris LPTNU 2015-2020.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Rina juga aktif sebagai anggota Kadin dan didapuk sebagai penanggung jawab bidang Kelautan dan Perikanan. Ia menjabat sebagai Ketua umum pemuda Tani HKTI dari 2018 hingga saat ini. Rina juga tercatat sebagai wakil ketua Lazisnu PBNU 2022-2027.

Pengalaman Kerja Rina Saadah

Selain organisasi, Rina juga memiliki pengalaman kerja sebagai Komisaris Independen BRI Agro. Bahkan pernah menjabat sebagai penasihat ahli Menteri Kelautan dan Perikanan tahun 2019-2020.

Sementara pada tahun 2015-2017 Rina menjabat sebagai Tenaga Ahli Menpora. Selanjutnya ia menjadi Tenaga Ahli Komite Olimpiade Indonesia (KOI) 2017-2018.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

Kemudian untuk pengalaman kerja Legal Internnya, Rina Saadah juga ternyata Dosen pengajar UNU atau Universitas Nahdatul Ulama 2016-2017.

Rina juga pernah bekerja sebagai Internship di Atase Perdagangan, Kedutaan Besar (Kedubes) Indonesia di di Mesir pada 2013.

Tak puas sampai di sana, pada tahun yang sama Rina juga menjalani Internship di Atase Pertahanan Kedubes Indonesia di Mesir. (Feri/R7/HR-Online/Editor-Ndu)