Beranda Berita Nasional PAW Anggota DPRD Ciamis Fraksi Gerindra: HRK Out, Lili Somantri In!

PAW Anggota DPRD Ciamis Fraksi Gerindra: HRK Out, Lili Somantri In!

PAW-Anggota-DPRD-Fraksi-Partai-Gerindra.jpg

harapanrakyat.com,- Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, Nanang Permana, menerima berkas Penggantian Antar Waktu (PAW) anggota dewan fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ciamis.

Berkas PAW tersebut berkaitan dengan pengunduran diri Heri Rafni Kotari yang mundur dari Gerindra dan memilih mendaftar jadi caleg dari Nasdem pada Pemilu 2024 mendatang.

“Tadi saya menerima ketua dan anggota KPU Ciamis. Selanjutnya mereka menyerahkan berkas PAW anggota dewan partai Gerindra,” ungkapnya, Rabu (21/6/2023).

Kata Nanang, KPU sendiri menyerahkan calon pengganti Heri Rafni Kotari (HRK). Sebelumnya pengunduran diri HRK sebagai anggota dewan telah disepakati pada rapat paripurna DPRD Ciamis, Senin (19/6/2023) lalu.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Nanang menegaskan, saat ini HRK sudah tidak lagi menjadi anggota DPRD Ciamis. KPU Ciamis pun telah menyerahkan berkas terkait calon pengganti HRK.

“Surat keterangan yang disampaikan KPU tersebut, calon pengganti HRK yaitu Lili Somantri yang mendapat perolehan suara terbanyak urutan selanjutnya. Sehingga PAW nantinya bisa dilaksanakan sesuai peraturan KPU terkait Pergantian Antar Waktu,” jelas Nanang.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Baca Juga: Heri Rafni Kotari Mundur dari Partai Gerindra Ciamis, Ada Apa?

Nanang menuturkan, DPRD Ciamis akan segera melakukan proses PAW anggota dewan dari fraksi Gerindra dengan mengajukan ke Gubernur Jawa Barat.

“Surat yang sudah diterima DPRD ini, akan segera kami proses pengajuannya ke Gubernur Jawa Barat melalui Bupati Ciamis. Setelah surat turun dari gubernur, maka pelantikan bisa dilaksanakan,” katanya. 

Setelah proses pelantikan PAW Lili Somantri, DPRD Ciamis selanjutnya akan menentukan pimpinan dewan untuk mengisi posisi Wakil Ketua DPRD Ciamis yang ditinggalkan HRK.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Sementara itu, Ketua KPU Ciamis Sarno Maulana membenarkan pihaknya sudah menyerahkan berkas terkait PAW anggota DPRD Ciamis.

“Penyerahan berkas ini adalah menjawab surat dari DPRD Ciamis terkait Penggantian Antar Waktu (PAW) anggota partai Gerindra yang menduduki jabatan di DPRD Ciamis. HRK sudah mundur dari DPRD dan terdaftar di partai Nasdem untuk Pileg selanjutnya,” pungkasnya (ES/R7/HR-Online/Editor-Ndu)