Beranda Berita Nasional Lagi-lagi, Macan Tutul dari Gunung Sawal Ciamis Masuk ke Perkampungan Penduduk

Lagi-lagi, Macan Tutul dari Gunung Sawal Ciamis Masuk ke Perkampungan Penduduk

Macan-Tutul-1.jpg

harapanrakyat.com,- Macan tutul dari Gunung Sawal kembali masuk ke wilayah pemukiman penduduk, tepatnya di Blok Cibaok, Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kemunculan macan tutul tersebut terlihat oleh para pekerja proyek pada hari Jumat (16/06/2023) kemarin.

Kosasih, tokoh masyarakat Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, mengatakan, saat pekerja proyek bernama Henda bersama teman-temannya pulang dari pekerjaannya di Blok Cibaok. Kemudian mereka melihat ada empat ekor macan tutul masuk ke wilayah pemukiman penduduk.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Para pekerja melihatnya sekitar pukul 18.00 WIB. Kembalinya macan tutul itu masuk wilayah pemukiman penduduk kemungkinan akibat ketersediaan makanan di kawasan hutan sudah berkurang,” kata Kosasih, Sabtu (17/06/2023).

Baca Juga: Macan Tutul dan Macan Kumbang Tak Lagi Turun, Gunung Sawal Ciamis Terpantau Aman

Menurutnya, perburuan terhadap babi hutan yang kerap terjadi mengakibatkan ketersediaan makanan macan tutul di hutan Gunung Sawal tidak mencukupi. Sehingga, untuk bertahan hidup hewan buas tersebut memangsa ternak milik warga sekitar.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka semua pihak harus menjaga kelestarian hutan. Agar tidak ada binatang buas masuk ke wilayah pemukiman penduduk,” tandas Kosasih.

Terpisah, Kepala Desa Cikupa Endi mengatakan, pihaknya belum menerima laporan terkait adanya macan tutul dari Gunung Sawah yang kembali masuk ke wilayah pemukiman penduduk.

“Meski begitu, kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada saat melakukan aktivitas di sekitar wilayah hutan. Karena khawatir macan tutul itu masih berada sekitar hutan,” singkatnya. (Dji/R3/HR-Online/Editor: Eva)