Beranda Berita Nasional Presiden BEM Columbia University asal Ciamis Hadiri Galuh Ethnic Carnival

Presiden BEM Columbia University asal Ciamis Hadiri Galuh Ethnic Carnival

IMG_20230611_113213.jpg

harapanrakyat.com,- Presiden BEM Columbia University asal Kabupaten Ciamis, Muhamad Rizki Nugraha Darma Nagara atau akrab disapa Deris Nagara, hadir dalam kegiatan Galuh Ethnic Carnival (GEC) Ciamis, Jawa Barat.

Deris Nagara tampak hadir bersama dengan Cindy May McGuire, Mojang Pinilih pada Moka Ciamis Tahun 2014. Ia mengaku senang bisa hadir di Kabupaten Ciamis saat Hari Jadi ke-38.

“Sekarang senang lihat pemuda-pemudinya yang makin maju. Pemerintahnya juga banyak memberikan support dan kolaborasi kepada semuanya. Hari Jadi Ciamis ini sangat ramai,” ujar Deris Nagara kepada awak media, Minggu (11/06/2023).

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Menurut Ketua BEM di Columbia University asal Ciamis ini, helaran kesenian yang tampil pada acara Galuh Ethnic Carnival ini sangat bagus. Masyarakat Ciamis juga harus lebih paham lagi tentang kesenian dan budaya Ciamis.

“Ketika sudah tahu tentang Kerajaan Sunda dan Galuh, dan sekarang ada kesenian tradisional dari Ciamis. Maka mendatang diperkenalkan lagi, itu akan meningkatkan rasa nasionalisme juga rasa cinta kepada budaya Sunda, khususnya di Ciamis,” kata Deris Nagara.

Baca Juga: Kirab Mahkota Binokasih akan Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Ciamis Tahun Ini

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Harapan Presiden BEM di Columbia University asal Ciamis

Ia mengaku saat berada di New York, Amerika jarang melihat kesenian. Hanya ada kesenian Jaipong Sunda saja.

Namun, sekarang bisa melihat langsung kesenian tradisional Ciamis. Apalagi, kata Presiden BEM Columbia University itu, kalau dibawa ke Columbia Amerika pasti akan seru.

“Tadi ada Bebegig dan lain-lainnya. Jadi dengan berbagai macam keanekaragaman kesenian tradisional Ciamis. Sekarang makin banyak lagi potensi wisata dan kesenian itu buka lagi. Ternyata Ciamis itu banyak loh kesenian dan wisatanya yang bisa kita promosikan lagi,” tuturnya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pada momentum Hari Jadi Ciamis ke-381 ini, Deris berharap pemuda pemudinya makin maju lagi, Galuh bisa juara dan pemerintah daerahnya dapat membantu anak-anak daerah.

Karena banyak sekali pemuda Ciamis yang berprestasi di mana-mana, berkiprah baik nasional maupun internasional.

“Support lagi pemerintah daerah dan juga kolaborasi dari lapisan masyarakat. Karena saat ini perlu kolaborasi dari berbagai macam sektor, dan banyak sekali muda-mudi Ciamis yang sangat luar biasa sekali,” pungkas Deris Nagara, Ketua BEM di Columbia University Amerika. (Feri/R3/HR-Online/Editor: Eva)