Beranda Berita Nasional Reaktivasi Teras Cihampelas, Pemkot Bandung Gelontorkan Rp 23 Miliar

Reaktivasi Teras Cihampelas, Pemkot Bandung Gelontorkan Rp 23 Miliar

Reaktivasi-Teras-Cihampelas-Bandung.jpeg

harapanrakyat.com – Pemkot Bandung, Jawa Barat, sedang melakukan pembangunan Teras Cihampelas Tahap 2 dengan nilai proyek sebesar Rp 23 miliar.

Sebagai informasi, Ridwan Kamil yang sebelumnya menjabat Wali Kota Bandung menggagas pembangunan Teras Cihampelas ini. Teras Cihampelas merupakan mega proyek terkait penataan kota, yang mengusung tema skywalk.

Pada pembangunan awal Teras Cihampelas Bandung ini, nilai lelang proyek tersebut mencapai Rp 48 miliar. Pada 2017, Pemkot Bandung meresmikan salah satu ikon Kota Bandung ini.

Kendati sempat menjadi kebanggaan karena mampu menaikan pendapatan para pedagang, akan tetapi pamor Teras Cihampelas menurun seiring berjalannya waktu. Sehingga, para pedagang memilih meninggalkan kawasan tersebut.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca Juga : Pemkot Bandung Segera Bangun Kolam Retensi Babakan Ciparay

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, reaktivasi Teras Cihampelas Bandung ini merupakan upaya pemkot agar aktivitas ekonomi bisa kembali menggeliat.

“Jadi kita harus optimistis. Ini bagian dari reaktivasi. Jika maksimal akan kembali mengundang pengunjung dan aktivitas ekonomi akan kembali hadir,” ungkapnya di Kota Bandung, Jumat (9/6/2023).

Zona Teras Cihampelas Bandung

Menurut Ema, nantinya ragam inovasi akan hadir di kawasan seluas 500 meter tersebut. Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung akan menghadirkan konsep kekinian dengan pembagian menjadi 4 zona.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Zona A itu ada area catwalk untuk kreator-kreator di bidang fesyen yang ada di Kota Bandung. Saya ingin karena ini ruang terbuka, jadi harus tahan cuaca hujan maupun terik matahari,” ucapnya.

Ia menambahkan untuk Zona B, Pemkot Bandung menyiapkan bagi pecinta remote control (RC). Ini akan menjadi tontonan bagi pengunjung sehingga berimplikasi pada PKL yang ada di sini.

Kemudian nantinya akan hadir diorama sejarah dan Coworking Space di zona C. Dengan tujuan untuk mengedukasi pengunjung yang hadir di kawasan tersebut.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Transfer knowledge dan skill, tempatnya akan kami siapkan. Kita akan menghadirkan diorama sejarah Kota Bandung,” katanya.

Baca Juga : Monumen Perjuangan Soekarno Setinggi 22 Meter Bakal Hiasi Bandung

Terakhir untuk zona D diperuntukan bagi komunitas drone race sebagai daya tarik tempat tersebut.

Oleh karena itu, Ema mengingatkan kontraktor agar masing-masing zona tersebut harus didukung dengan ketersediaan fasilitas umum demi kenyamanan pengunjung.

“Kami perkirakan reaktivasi Teras Cihampelas Bandung akan rampung pada September mendatang. Dengan harapan hal ini mampu menarik para wisatawan, untuk berkunjung ke Teras Cihampelas Bandung,” ucapnya. (Rio/R13/HR Online/Editor-Ecep)