Beranda Berita Nasional Budaya Indonesia Mendunia, Pernikahan Bule Inggris Pake Adat Jawa 

Budaya Indonesia Mendunia, Pernikahan Bule Inggris Pake Adat Jawa 

budaya-indonesia-mendunia.jpg

Budaya Indonesia mendunia dengan adanya pernikahan bule asal Inggris viral di media sosial. Bahkan, kedua mempelai bule itu menggunakan konsep pernikahan adat Jawa yang berlangsung di Mrican, Kediri, Jatim beberapa waktu lalu.

Pernikahan menjadi momen sekali seumur hidup untuk kedua mempelai. Biasanya pasangan pengantin akan memilih segala rangkaian acara dari dekor, pakaian hingga proses yang akan berlangsung dalam pernikahan mereka. 

Baca juga: Apes Kena Orderan Fiktif 110 Tusuk Sate, Ojol Ini Sumbangkan Pesanan ke Panti Asuhan 

Uniknya, kedua mempelai bule asal Inggris ini malah menggunakan budaya Indonesia, mulai dari tempat, pakaian, hingga serangkaian acara yang mereka gunakan adalah adat Jawa. 

Video tersebut langsung menyebar di sosial media hingga membuat warganet penasaran dengan asal muasal dari pengantin bule itu menggunakan adat Jawa.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Penyebab Pernikahan Bule Inggris Pakai Adat Jawa 

Informasi dari pemilik akun @studionovanis mengatakan, bahwa mempelai wanita memang berasal dari Inggris.  

Sedangkan mempelai pria mempunyai keturunan Jawa dari sang ayah. Sehingga hal tersebut bisa menjadi landasan mereka menggunakan adat Jawa dalam pernikahannya. 

Walaupun kedua mempelai memiliki paras bule. Namun, busana Jawa yang mereka kenakan terlihat pas dan menambah keserasian mereka. 

Mengenakan baju pengantin hitam yang terpadu dengan silver khas Jawa, dilengkapi blangkon dan keris untuk mempelai pria dan sanggul serta bunga melati yang mempercantik mempelai wanita.  

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Serangkaian prosesi adat Jawa juga mereka ikuti, dari lempar-lemparan sirih, wijikan atau mencuci kaki suami, bergandengan menuju pelaminan, hingga dahar walimah atau makan bersama. 

Walaupun serangkaian acara menggunakan adat Jawa, pemandu acara pernikahan menggunakan Bahasa Inggris menyesuaikan kedua mempelai. Namun, hal itu tidak membuat kekentalan khas Jawa menghilang. 

Kekocakan Fotografer dan Mempelai Bule

Di balik kekaguman warganet terhadap pengantin bule yang menggunakan adat Jawa. Banyak dari mereka yang salfok dengan fotografer yang memandu pose kedua mempelai.  

Karena perbedaan bahasa antara mereka, membuat fotografer terlihat kesusahan menyampaikan arahannya.   

Tidak kehilangan akal, kedua pemandu fotografer tersebut menggunakan bahasa isyarat hingga memperagakan langsung pose pengantin. 

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Kedua pemandu fotografer tersebut memperagakan pose seolah mereka pengantinnya, dari berpegangan tangan hingga tatap-tatapan yang sontak membuat para undangan tertawa melihat aksi kocak mereka. 

Tak hanya para undangan yang tertawa melihat aksi kocak tersebut, pemandu fotografer itu sendiri juga menertawakan dirinya yang sadar akan aksi yang menimbulkan gelak tawa. 

Aksi kocak tersebut tidak luput dari komentar warganet yang ikut terhibur melihat kelakuan fotografer memperagakan pose terhadap pengantin bule tersebut. 

“Gajinya harusnya dua kali lipat sih, selain sebagai fotografer juga sebagai modelnya,” komentar warganet. 

Aksi kocak fotografer tersebut menambah kebahagiaan dari serangkaian pernikahan bule yang menggunakan adat Jawa tersebut. (Fatmawati/R6/HR-Online/Editor: Muhafid)